JawaPos Radar | Iklan Jitu

Selundupkan 220 Kg Emas ke Jepang, 2 Warga Israel Ditangkap

24 Januari 2019, 16:47:00 WIB
selundupkan emas, emas, warga israel,
Dua warga Israel ditangkap di Jepang atas dugaan penyelundupan emas senilai USD 17 Juta dari Hong Kong (Mining)
Share this

JawaPos.com - Dua warga Israel ditangkap di Jepang atas dugaan penyelundupan emas senilai USD 17 Juta dari Hong Kong. Reuben Rosen, seorang warga Israel, 58 tahun, yang tinggal di Shinjuku's Tokyo Ward, dan David Cohen, 55 tahun, yang tinggal di Setagaya Ward dituduh menyembunyikan batangan emas.

Dilansir dari SCMP, pihak berwenang Jepang menemukan 220 kg emas yang disembunyikan dalam komponen mobil. Emas memiliki nilai USD 17 juta itu dianggap sebagai yang terbesar dari jenisnya di Jepang.

Pejabat bea cukai mengatakan kepada surat kabar Asahi bahwa orang-orang itu dicurigai menghindari pajak yang akan dikenakan pada emas jika tak diselundupkan.

selundupkan emas, emas, warga israel,
Pemerintah Jepang menaikkan pajak konsumsi nasional dari 5 persen menjadi 8 persen pada tahun 2014, membuat harg emas jauh lebih mahal daripada di pasar lain seperti Hongkong (Reuters)

Penangkapan itu dilakukan di tengah peringatan kalau geng Yakuza sering mempekerjakan orang asing dengan operasi bisnis yang sah untuk menyelundupkan emas ke negara itu.

Pemerintah Jepang menaikkan pajak konsumsi nasional dari 5 persen menjadi 8 persen pada tahun 2014, membuat harg emas jauh lebih mahal daripada di pasar lain seperti Hongkong. Di Hongkong emas tidak dikenakan pajak.

Hal ini telah memunculkan sejumlah kasus penyelundupan emas ke Jepang. Beberapa penyelundupan melibatkan kapal penangkap ikan. Bahkan ada turis wanita dari Korea Selatan yang tiba di Jepang dengan menyelundupkan emas yang dijahit ke dalam pakaian dalam mereka.

Polisi menangkap kedua orang Israel itu setelah mengawasi mereka selama berbulan-bulan. Mereka diperkirakan telah menyelundupkan hingga 4 ton emas ke Jepang dalam setidaknya 50 pengiriman antara Maret dan November 2017.

Pihak berwenang yakin Cohen dan Rosen merupakan eksekutif di sebuah perusahaan yang mengimpor logam mulia. Mereka  dibantu oleh setidaknya satu orang di Hong Kong.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Verryana Novita Ningrum

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up