alexametrics

Pasangan Korsel Pilih Pelihara Hewan daripada Punya Anak

24 Januari 2019, 16:31:57 WIB

JawaPos.com – Pria asal Korea Selatan (Korsel) Kang Sung Il memilih untuk membeli Sancho, anjing Pomeraniannya sebagai temannya bermain. Dia dan istrinya mengaku bahwa mengurus hewan perliharaan lebih mudah dibanding mempunyai anak.

Kang dan istrinya mengatakan, anak-anak terlalu memakan banyak biaya dan membuat terlalu banyak tekanan. Sebaliknya, mereka memilih Sancho dan mengurusnya dengan cinta.

Mereka tidak sendirian. Industri hewan peliharaan Korsel sedang meningkat, dipicu oleh faktor-faktor yang sama yang membuat angka kelahiran negara itu, yaitu 1,05 kelahiran per wanita, terendah di dunia. Tingginya biaya pendidikan dan perumahan serta hari kerja yang sangat panjang menjadi pemicunya.

pasangan korsel, hewan, anak,
Kang dan istrinya mengatakan, anak-anak terlalu memakan banyak biaya dan membuat terlalu banyak tekanan (Population Growth)

“Tekanan sosial di Korea Selatan sedemikian rupa sehingga orangtua diharuskan untuk menyediakan pengasuh selama beberapa dekade dari sekolah swasta hingga bimbingan belajar ke kelas seni,” kata Kang.

“Populasi hewan peliharaan bertambah karena semakin banyak orang memilih untuk tidak memiliki bayi atau bahkan tidak menikah,” kata Manajer di Samjong KPMG Economic Research Institute, Kim Soo Kyung, 

Rumah tangga yang memiliki hewan peliharaan telah melonjak menjadi 28 persen dari semua rumah tangga Korea Selatan pada 2018, dibandingkan dengan 18 persen pada 2012.

Akibatnya, industri perawatan hewan peliharaan berkembang di Korsel yang penawarannya mencakup diet hewan peliharaan berharga tinggi.

Industri terkait hewan peliharaan Korea Selatan bernilai USD 2,4 miliar tahun lalu, dan itu bisa lebih dari dua kali lipat pada tahun 2027.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Pasangan Korsel Pilih Pelihara Hewan daripada Punya Anak