alexametrics

Kim Jong Un Beri Hadiah Kosmetik kepada Para Pejabatnya

24 Januari 2019, 14:37:46 WIB

JawaPos.com – Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memberikan kosmetik asal Korea Selatan (Korsel) kepada para pejabat partainya sebagai hadiah tahun baru. Hadiah ini diberikan terlepas dari larangan resmi pada produk-produk Korsel.

Dilansir dari SCMP pada Rabu (23/1), para pejabat keuangan Korut membeli 1.000 set kosmetik Korsel di prefektur otonom Korea Yanbian di Provinsi Jilin. Lalu, kosmetik tersebut diberikan kepada para pejabat Komite Pusat di partai yang berkuasa sebagai hadiah tahun baru dari Kim.

Transaksi ini diketahui ketika hadiah langka ini mulai dijual di pasar Korut oleh keluarga penerima kosmetik. Di Korut sudah menjadi kebiasaan untuk menyuap para elit politik dengan hadiah pada hari-hari peringatan utama, termasuk hari ulang tahun para pemimpin seperti  Kim Il Sung dan Kim Jong Il. Ini dilakukan agar para elit ini tetap setia kepada Dinasti Kim.

kim jong un, korut, korsel, kosmetik,
Korut memiliki produk kosmetiknya sendiri bernama Unhasu. Namun, produk Korsel jauh lebih populer di kalangan orang kaya dan berkuasa di Korut (Zebelle)

Hadiah-hadiah yang diberikan termasuk minuman, permen, daging sapi dan babi, juga jam tangan. Kim Jong Un dilaporkan memberi masing-masing arloji buatan Swiss kepada 100 jenderal militer pada Mei 2016 di kongres Partai Buruh.

Korut memiliki produk kosmetiknya sendiri bernama Unhasu. Namun, produk Korsel jauh lebih populer di kalangan orang kaya dan berkuasa di Korut.

“Produk-produk Korsel secara resmi dilarang di Korut tetapi mereka tersedia di pasar jika Anda memiliki kemampuan membeli,” kata seorang pembelot yang sekarang tinggal di Korsel, Kim Yong Hwa.

Menurut Kim Yong Hwa, konsumen segera menghapus label produk setelah membeli produk dari pedagang yang biasanya menyembunyikan nama produk di bawah penutup.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Kim Jong Un Beri Hadiah Kosmetik kepada Para Pejabatnya