JawaPos Radar | Iklan Jitu

Berani Tenggelamkan Kapal Pencuri, Susi Masuk Jajaran Global Thinker

24 Januari 2019, 16:15:52 WIB
tenggelamkan kapal, kapal, kapal pencuri, Susi Pudjiastuti,
Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti masuk dalam 100 jajaran orang berpengaruh atau meraih predikat Global Thinkers yang diterbitkan oleh Majalah Foreign Policy (Reuters)
Share this

JawaPos.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti masuk dalam 100 jajaran orang berpengaruh atau meraih predikat Global Thinkers yang diterbitkan oleh majalah Foreign Policy. Dilansir dari editorial Foreign Policy, majalah tersebut menyatakan, dalam edisi tahunan ke-10 ini mereka memutuskan untuk membagi daftar 100 tahun ini menjadi 10 grup.

Sebagai permulaan, mereka memilih 10 nominasi yang dikategorikan memiliki pemikiran sangat ilmiah, memiliki dampak terbesar pada dekade terakhir. Menteri Susi sendiri, masuk dalam bidang Defence and Security atau pertahanan dan keamanan. Dituliskan dalam keterangan, Susi Pudjiastuti berkomitmen untuk meregenerasi stok ikan yang sangat vital bagi negaranya.

Komitmennya untuk meregenerasi stok ikan dengan cara yang cukup keras membuatnya memiliki banyak fans sekaligus musuh. Dia tak segan-segan menggunakan taktik menakut-nakuti.

tenggelamkan kapal, kapal, kapal pencuri, Susi Pudjiastuti,
Susi dikenal karena berani meledakkan kapal-kapal pencuri ikan yang ditangkap di perairan teritorial Indonesia (Fortune)

Susi dikenal karena berani meledakkan kapal-kapal pencuri ikan yang ditangkap di perairan teritorial Indonesia. Pendekatannya yang keras menurunkan pencurian ikan. Namun juga meningkatkan ketegangan diplomatik dengan Tiongkok.

Selain Susi, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) juga termasuk dalam jajaran Global Thinkers karena semakin bersinar sejak berkuasa.

Meskipun reputasinya tercoreng oleh kasus pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi pada Oktober 2018, namun pemikiran sang Putra Mahkota Saudi untuk menghapuskan ketergantungan Saudi terhadap minyak memberikan dampak yang bagus bagi masa depan negara tersebut. Hasil pemikiran MBS akan membentuk masa depan Timur Tengah dari generasi ke generasi.

Pemimpin lainnya yang masuk dalam jajaran Global Thinkers di antaranya, Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un, Kanselir Austria Sebastian Kurz, juga Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Dinda Lisna
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up