alexametrics

Penyebab Negeri Sakura Sering Dilanda Gempa

23 November 2016, 23:26:00 WIB

JawaPos.com – Jepang adalah negara yang dikenal rawan gempa bumi. Baru saja, negeri sakura ini dilanda gempa dengan daya yang tinggi. Lalu mengapa begitu banyak gempa bumi menyerang Jepang?

Dilansir Boldsky, ada beberapa alasan mengapa Jepang rawan begitu banyak gempa bumi dan bencana alam lainnya. Bukan karena kutukan, tetapi memang lokasi atau letak geografis Jepang yang menyebabkan Jepang sering dilanda gempa.

1. Lokasi
Jepang terletak di sepanjang disebut Cincin Api Pasifik. Ini adalah sabuk gempa paling aktif di dunia. Cincin Api Pasifik adalah zona berbentuk tapal kuda imajiner yang mengikuti tepi Samudera Pasifik. Lokasi ini menjadi tempat banyak gempa bumi di dunia dan letusan gunung berapi terjadi.

2. Apa sebenarnya penyebab gempa bumi?
Lempeng tektonik yang hadir dalam cincin api dan di bawah Laut Filipina atau Samudera Pasifik cenderung tumbuk dan bertabrakan. Tabrakan ini menyebabkan gempa bumi.

3. Apakah Semua Gempa bumi memicu Tsunami?
Tidak semua gempa bumi memicu tsunami. Gempa harus dangkal atau pusat gempa di bawah laut. Gempa bumi harus berkekuatan lebih dari 7 SR dan dapat menimbulkan tsunami.

4. Gempa Tertinggi di Jepang
Jepang telah mencatat gempa berkekuatan 7,0 sebelumnya dan itu adalah yang terbesar dalam sejarah. Namun, gempa terbaru yang menyerang Jepang kemarin pada 22 November, 2016, telah mengubah catatan sejarah berkekuatan 7,4 SR.

Para ilmuwan telah mengklaim bahwa Jepang bukan satu-satunya negara yang rawan gempa. Selandia Baru, Alaska dan pantai barat Amerika Utara dan Selatan juga sama-sama rawan gempa. (cr1/JPG)

Editor : admin



Close Ads
Penyebab Negeri Sakura Sering Dilanda Gempa