alexametrics

Wow, Tiongkok Bidik Investasi Asing hingga Rp 2,2 Kuadriliun!

23 Oktober 2021, 05:37:11 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan Tiongkok (Mofcom) menargetkan investasi asing yang masuk di negara tersebut sepanjang 2021 sebesar 1 triliun yuan atau sekitar Rp 2,2 kuadriliun.

’’Tiongkok mampu merealisasikan target investasi asing tahun ini karena ada kebijakan yang menguntungkan para investor asing, meskipun situasi eksternal masih sangat sulit,’’ jelas pernyataan Mofcom di Beijing pada Jumat (22/10), seperti dikutip dari Antara.

Investasi asing secara global telah pulih pada semester pertama tahun 2021 sebagaimana laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (19/10). Direktur Investasi Asing Mofcom Zong Changqing mengatakan bahwa investasi asing langsung (foreign direct investment) di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara tahun ini naik 25 persen.

’’Kenaikan itu sama dengan peningkatan nilai investasi asing di Tiongkok,’’ kata Zong. Laporan PBB memprediksi investasi lintas negara sepanjang tahun 2021 bakal lebih tinggi daripada ekspektasi, bahkan akan melampaui pencapaian sebelum pandemi COVID-19.

Stabilitas dan peningkatan ekonomi nasional Tiongkok juga masih terus berlanjut. Baru-baru ini laporan Bank Dunia memprediksi ekonomi Tiongkok akan tumbuh hingga 8,5 persen sepanjang 2021.

Angka itu jauh di atas target yang ditetapkan oleh pemerintah Tiongkok sebesar 6,8 persen seperti yang disampaikan Perdana Menteri Li Keqiang dalam pidato tahunan di Sidang Parlemen (Lianghui) Maret lalu. Pada kuartal pertama tahun 2021, produk domestik bruto (PDB) Tiongkok meningkat 9,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, demikian Zong.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara




Close Ads