JawaPos Radar

Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Dibuka, Hubungkan Tiongkok-Hongkong

23/10/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
jembatan terpanjang, hongkong, tiongkok,
Jembatan laut terpanjang di dunia, yang menghubungkan Hongkong, Macau, dan daratan Tiongkok akan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Oktober 2018 (Reuters)
Share this

JawaPos.com – Sebuah jembatan dengan nilai USD 20 miliar menghubungkan Hongkong dan Macau ke daratan Tiongkok, tepatnya Kota Zhuhai yang akan dibuka pekan ini. Dilansir dari CNN pada Senin, (22/10), pembangunan tesebut menandai selesainya jembatan terpanjang di atas laut yang pernah dibangun. Pembangunan menghabiskan waktu sembilan tahun sejak konstruksi dimulai.

Presiden Tiongkok Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri upacara di Kota Zhuhai pada hari Selasa, (23/10), bersama dengan pejabat tinggi dari Hong Kong dan Macau. Jembatan 55-kilometer (34 mil) awalnya akan dibuka pada tahun 2016, tetapi penundaan yang berulang kali mendorongnya hingga tahun ini.

Jembatan ini menjadi elemen kunci Tiongkok karena mencakup 56.500 kilometer persegi (21.800 mil persegi) di seluruh Tiongkok selatan, dan mencakup 11 kota, termasuk Hong Kong dan Macau, yang merupakan rumah bagi gabungan 68 juta orang.

jembatan terpanjang, hongkong, tiongkok,
Meskipun fokus pada waktu mengemudi namun, pemilik mobil pribadi di Hong Kong tidak akan dapat menyeberangi jembatan tanpa izin khusus (Reuters)

Para pendukung gagasan mengatakan jembatan itu akan memangkas waktu perjalanan antara kota-kota dari tiga jam menjadi 30 menit yang memungkinkan komuter dan wisatawan untuk dengan mudah bergerak di sekitar wilayah tersebut.

"Dengan jembatan itu, waktu perjalanan antara Hong Kong dan wilayah Western Pearl River Delta akan diperpendek secara signifikan, sehingga membawa kawasan Delta Sungai Pearl Barat dalam waktu tiga jam perjalanan dari Hong Kong," kata Sekretaris Transportasi Kota, Frank Chan.

Meskipun fokus pada waktu mengemudi namun, pemilik mobil pribadi di Hong Kong tidak akan dapat menyeberangi jembatan tanpa izin khusus. Kebanyakan pengemudi harus parkir di pelabuhan Hong Kong, beralih ke bus antar-jemput atau mobil sewaan khusus setelah mereka melalui imigrasi. Shuttle bus biaya USD 8- USD 10 untuk sekali perjalanan tergantung pada waktu hari.

Proyek jembatan juga berbuah kritik sengit di Hongkong, di mana ada sedikit permintaan publik atau keinginan untuk hubungan yang lebih besar ke Macau atau Zhuhai, dan ketakutan kota itu akan dibanjiri oleh turis dari daratan Tiongkok. Pada 2016, Hong Kong mendapatkan 56,7 juta kunjungan turis, dibandingkan dengan 37,6 juta untuk Inggris, negara yang jauh lebih besar.

Jembatan laut terpanjang di dunia, yang menghubungkan Hongkong, Macau, dan daratan Tiongkok akan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Oktober 2018.

"Anda tidak dapat melihat koneksi transportasi yang ada. Tapi jembatan ini sangat terlihat. Anda dapat melihatnya dari pesawat ketika Anda terbang ke Hong Kong, dan itu mempesona," kata anggota parlemen Claudia Mo kepada CNN pada awal tahun.

"Ini menghubungkan Hongkong ke Tiongkok hampir seperti tali pusar. Anda melihatnya, dan Anda tahu bahwa Anda terhubung ke ibu pertiwi," imbuhnya.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up