JawaPos Radar

AS dan Eropa Yakin MBS yang Bertanggung Jawab Kematian Khashoggi

23/10/2018, 10:46 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Enam pejabat AS dan Eropa mengatakan, mereka percaya MBS, yang merupakan penguasa de facto Saudi, pada akhirnya bertanggung jawab atas hilangnya Khashoggi (AP)
Share this

JawaPos.com - Tiga minggu setelah hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi, badan keamanan Amerika Serikat (AS) dan otoritas dari Eropa belum memiliki gambaran lengkap tentang peran Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman (MBS). Enam pejabat AS dan Eropa mengatakan, mereka percaya MBS, yang merupakan penguasa de facto Saudi, pada akhirnya bertanggung jawab atas hilangnya Khashoggi karena perannya mengawasi aparat keamanan Saudi tetapi mereka tidak memiliki bukti kuat.

Para pejabat Turki mencurigai Khashoggi tewas di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober dan tubuhnya dimutilasi hingga 15 bagian. Namun Saudi mengatakan, pria berusia 59 tahun itu tewas dalam perkelahian di konsulat.

Seorang pejabat Saudi yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, sebanyak 15 orang dari Saudi dikirim ke Turki untuk membunuh Khashoggi Mereka membiusnya kemudian membunuhnya.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Para pejabat Turki mencurigai Khashoggi tewas di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober dan tubuhnya dimutilasi (Getty Images)

Para pejabat keamanan negara di Eropa mengatakan, Saudi tidak memiliki gambaran lengkap tentang apa yang terjadi. Mereka tidak tahu bagaimana dia meninggal dan di mana tubuhnya berada.

Turki mengaku memiliki rekaman audio yang mendokumentasikan penyiksaan dan pembunuhan Khashoggi. Namun, baik Pemerintah AS maupun lembaga pemerintah sekutu tidak diberi akses ke bukti itu.

"Sulit untuk mengatakan MBS tidak tahu tentang ini," kata sumber keamanan Eropa dilansir dari Reuters Selasa, (23/10).

Namun, Badan Intelijen AS dan Sekutu melaporkan bahwa perincian instruksi spesifik yang mungkin dikeluarkan pangeran tentang insiden Khashoggi tidak konklusif.

Ini meninggalkan pertanyaan terbuka seperti apakah operasi Saudi di Istanbul selalu dimaksudkan untuk menghasilkan kematian Khashoggi atau apakah rencana awal adalah untuk menculik dan membawanya ke Arab Saudi.

Sementara itu, yang terbaru adalah satu sumber keamanan Eropa mengatakan, informasi yang telah dibagikan oleh Turki secara lisan sangat rinci dan mereka terdengar percaya diri.

AS dan sekutunya juga memiliki beberapa laporan intelijen independen yang mendukung laporan media bahwa Khashoggi dibunuh di dalam konsulat oleh pasukan militer yang dikirim dari Arab Saudi ke Istanbul.

(iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up