alexametrics

Al Qahtani Disebut Perintahkan 15 Skuadnya Bunuh Khashoggi

23 Oktober 2018, 15:10:41 WIB

JawaPos.com – Saud Al Qahtani dipecat sebagai penasehat Kerajaan Arab Saudi pada hari Sabtu. Media Pemerintah Saudi melaporkan pemecatan tersebut. Seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa, (23/10), pengumuman itu datang ketika media Kerajaan Saudi mengatakan, jurnalis Jamal Khashoggi telah tewas di Konsulat Saudi di Istanbul.

Pejabat Turki yang tak disebutkan namanya mengatakan, mereka mempunyai bukti bahwa 15 skuad pembunuh Khashoggi melakukan sambungan Skype ke Al Qahtani yang saat itu berada di Saudi. Dari Saudi itulah Al Qahtani memerintahkan ke 15 skuadnya untuk membunuh Khashoggi.

Media pemerintah Saudi juga melaporkan Raja Salman memerintahkan restrukturisasi komando badan intelijen umum, di bawah pengawasan Putra Mahkota Muhammad bin Salman (MBS).

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Kerajaan Saudi mengatakan, jurnalis Jamal Khashoggi telah tewas di Konsulat Saudi di Istanbul (The Daily Star)

Al Qahtani merupakan lulusan hukum, menjabat sebagai penasihat media untuk MBS setelah memegang beberapa posisi di kerajaan. Dia sebelumnya bekerja sebagai penasehat hukum dengan tim almarhum Saudi Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud pada 2003, ketika Raja Abdullah adalah putra mahkota kerajaan.

Al Qahtani kemudian bekerja sebagai penasihat untuk wakil kepala kerajaan, sebelum menjadi penasihat pengadilan pada tahun 2012. Tahun lalu, ketika Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar, Al Qahtani meluncurkan hashtag #TheBlacklist, mendesak Saudi untuk menambahkan nama-nama simpatisan Qatar ke dalam daftar.

Kuartet yang dipimpin Saudi menuduh Qatar menyimpan teroris, sebuah tuduhan yang disangkal keras oleh Qatar sendiri. Al Qahtani juga telah menuliskan via Twitter siapapun yang berkonspirasi melawan Saudi dan sekutu-sekutunya tidak akan bisa lolos dari persidangan.

Al Qahtani mendorong propaganda Pemerintah Suadi. Di Twitter, Al Qahtani mengatakan, “Saya akan tetap menjadi pelayan setia di negara saya untuk setiap saat.”

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Al Qahtani Disebut Perintahkan 15 Skuadnya Bunuh Khashoggi