JawaPos Radar

WHO Sebut 3 Juta Orang Tewas Akibat Alkohol

23/09/2018, 13:41 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
alkohol, mabuk
WHO Sebut 3 Juta Orang Tewas Akibat Alkohol (Salon)
Share this image

JawaPos.com - Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru menunjukkan bahwa ada lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia meninggal dunia pada tahun 2016 lalu akibat alkohol. Hal ini berarti satu dari 20 kematian di seluruh dunia terkait dengan minuman beralkohol.

Menurut data yang sama yang dirilis pekan ini, lebih dari tiga perempat dari kematian ini adalah laki-laki. WHO memperkirakan, konsumsi global alkohol diperkirakan akan meningkat dalam 10 tahun mendatang.

“Ini saatnya untuk meningkatkan tindakan untuk mencegah ancaman serius ini terhadap perkembangan masyarakat yang sehat,” kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah laporan seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Minggu, (23/9). 

"Terlalu banyak orang, keluarga, dan komunitas mereka menderita konsekuensi dari penggunaan alkohol yang berbahaya," tambahnya.

Data WHO menunjukkan bahwa secara global, diperkirakan 237 juta pria dan 46 juta wanita adalah peminum bermasalah atau penyalahguna alkohol. Prevalensi tertinggi di Eropa dan Amerika, dan gangguan penggunaan alkohol lebih umum di negara-negara kaya.

Dari semua kematian yang disebabkan alkohol, 28 persen karena cedera, seperti kecelakaan lalu lintas, menyakiti diri sendiri dan kekerasan antarpribadi. 21 persen lainnya disebabkan oleh gangguan pencernaan, dan 19 persen karena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up