alexametrics

Media Korut Tekan Korsel Akhiri Perang Korea

23 September 2018, 10:37:24 WIB

JawaPos.com – Media Korea Utara (Korut) menunjukkan tekanan pada Korea Selatan (Korsel) untuk melaksanakan perjanjian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar Korea untuk mengakhiri Perang Korea. Sebab Perang Korea pada dasarnya memisahkan dua Korea dan warganya selama ini.

“Ini adalah tugas bersejarah yang tidak dapat ditunda lagi, untuk membangun rezim perdamaian yang solid dengan mengakhiri gencatan senjata saat ini di Semenanjung Korea,” kata Uriminzokkiri, salah satu media Korut seperti dikutip oleh Yonhap beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut terjadi setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump bertemu di Singapura yang menjadi pertemuan bersejarah pada 12 Juni. Juga setelah Kim bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae in pada 27 April di zona demiliterisasi yang membagi negara mereka.

perang korea, korut,
Kim Jong Un dan Moon Jae In berupaya mengakhiri Perang Korea (Reuters)

Selama pertemuan pada bulan April, kedua pemimpin berjanji untuk bekerja untuk melakukan denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea. Serta bekerja dengan AS dan Tiongkok untuk menyatakan akhir resmi Perang Korea 1950-an.

Media Korut lainnya seperti Meari, juga mendesak Pemerintah Korsel menyelesaikan pekerjaannya untuk mengakhiri Perang Korea. Menambahkan, pertemuan antara kedua pemimpin pada bulan April akan kehilangan kepentingannya jika perubahan tidak segera dilaksanakan.

Kementerian Unifikasi Seoul menegaskan kembali niat pemerintah untuk menyatakan mengakhiri Perang Korea pada akhir tahun ini, dan bersumpah untuk bekerja sama dengan AS dan Korut untuk mewujudkan keinginan mereka tersebut.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Media Korut Tekan Korsel Akhiri Perang Korea