JawaPos Radar

Putin: Sanksi AS Kontradiktif dan Tak Masuk Akal

23/08/2018, 19:13 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
putin
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Moskow kontraproduktif dan tidak masuk akal. Hal itu ia katakan setelah Washington memperingatkan akan lebih banyak lagi sanksi ekonomi yang akan datang (AFP)
Share this

JawaPos.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Moskow kontraproduktif dan tidak masuk akal. Hal itu ia katakan setelah Washington memperingatkan akan lebih banyak lagi sanksi ekonomi yang akan datang.

"Sanksi adalah tindakan yang kontraproduktif dan tidak masuk akal, terutama terhadap negara seperti Rusia," kata Putin saat konferensi pers di Sochi, Kamis, (23/8).

"Saya berharap Amerika akan menyadari bahwa kebijakan seperti itu tidak memiliki masa depan dan bahwa kami akan mulai bekerja sama secara normal," tambahnya.

Putin mengatakan, masalah itu datang bukan hanya dari Presiden AS Donald Trump, tetapi dari pendirian. Pernyataannya muncul setelah pejabat senior Kementerian Keuangan AS Sigal Mandelker mengatakan kalau Washington dapat mengeluarkan lebih banyak lagi sanksi ekonomi.

Dia menambahkan, tidak akan ragu untuk melakukannya jika Moskow tidak menghentikan kegiatan yang memfitnah. Pemerintah AS telah memberi sanksi kepada entitas Rusia selama beberapa tahun terakhir karena ikut campur di Ukraina, mencoba untuk mempengaruhi pemilihan umum AS dan melanggar sanksi PBB pada Korea Utara.

Diberitakan pada awal Agustus, sanksi terbaru AS terkait dengan keracunan Novichok mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal di Inggris. Pejabat Rusia mempertahankan ekonomi negara itu belum merasakan dampak besar dari tindakan hukuman AS.

"Sanksi AS tidak memiliki pengaruh pada kebijakan kami," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up