alexametrics

Israel Siap Buka Jalur Barang di Gaza Asal Kondisi Tenang

23 Juli 2018, 12:00:36 WIB

JawaPos.com – Israel akan membuka kembali jalur penyeberangan barang di Gaza. Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan, ia akan membuka kembali penyeberangan barang di Kerem Shalom pada Selasa (24/7).

Namun, Lieberman mengatakan, jalur tersebut dibuka dengan syarat situasi di Jalur Gaza tetap tenang. “Jika pada hari ini dan besok situasi tetap tenang maka pada Selasa kami akan membuka kembali Kerem Shalom untuk bisa beroperasi secara normal dan zona penangkapan ikan akan dikembalikan ke jarak seperti sebelumnya,” kata Lieberman dilansir dari AFP Senin (23/7).

Israel menutup perbatasan tersebut dan mengurangi zona penangkapan ikan menjadi 11 km dari sebelumnya 17 km. Situasi tenang yang dimaksud adalah termasuk berhentinya penerbangan layang-layang dan balon helium yang dibakar oleh warga Gaza sebagai bentuk protes.

Israel Siap Buka Jalur Barang di Gaza Asal Kondisi Tenang
Jalur penyeberangan barang di Gaza akan dibuka kembali (Reuters)

“Kami melihat, kemarin Sabtu (21/7), menjadi hari paling tenang sejak 30 Maret,” kata Lieberman kepada wartawan pada hari Minggu (22/7) dilansir dari Reuters.

Namun kemudian pada hari Minggu, sebuah pesawat tak berawak Israel ditembakkan ke arah Palestina yang memasang balon ke Israel di Jalur Gaza utara. Media lokal mengatakan dua orang, yang tidak disebutkan namanya, terluka.

Kerem Shalom adalah saluran ekspor-impor utama bagi dua juta orang Palestina di Gaza, yang juga berbatasan dengan Mesir. Selama penutupan terminal, bantuan kemanusiaan masih diizinkan meskipun Lieberman mengatakan lalu lintas melambat menjadi sekitar 140 truk per hari dari sekitar 1.000 hingga 1.100 truk per hari.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Israel Siap Buka Jalur Barang di Gaza Asal Kondisi Tenang