alexametrics

WHO Rapat Darurat Terkait Penanganan Cacar Monyet, Vaksin juga Dibahas

23 Mei 2022, 14:02:14 WIB

JawaPos.com – Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan kasus cacar monyet meluas menjadi 100 orang di 12 negara yakni Eropa ditambah dengan AS dan Kanada. Untuk mencegah penularan semakin meluas, WHO menggelar rapat darurat.

Pertanyaannya, apakah seseorang yang sudah diimunisasi cacar saat kecil bakal terlindungi? WHO juga menegaskan efektivitas vaksin cacar. Pertanyaannya, adakah vaksin khusus cacar monyet?

“Tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet, tetapi data menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan untuk membasmi cacar hingga 85 persen efektif melawan cacar monyet,” ungkap WHO.

Pihak berwenang Inggris mengatakan telah menawarkan vaksin cacar kepada beberapa petugas kesehatan dan orang lain yang mungkin telah terkena cacar monyet. Sejak 1970, kasus cacar monyet telah dilaporkan di 11 negara Afrika. Nigeria telah mengalami wabah besar yang sedang berlangsung sejak 2017. Sepanjang tahun ini, ada 46 kasus yang dicurigai, dimana 15 di antaranya telah dikonfirmasi menurut WHO.

Kasus di Eropa pertama dikonfirmasi pada 7 Mei yakni seorang individu yang kembali ke Inggris dari Nigeria. Sejak itu, lebih dari 100 kasus telah dikonfirmasi di luar Afrika, menurut pelacak oleh akademisi Universitas Oxford.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads