alexametrics

Makin Menyebar, Covid-19 di Korut Capai 2,5 Juta Kasus

23 Mei 2022, 13:31:42 WIB

JawaPos.com – Kasus penularan dugaan Covid-19 di Korea Utara (Korut) terus meroket. Pada Sabtu (21/5) dilaporkan ada 220 ribu penularan baru. Total angka penularan hampir mencapai 2,5 juta dan sedikitnya 66 orang meninggal. Jumlah riil penularan negara dengan 25 juta penduduk itu bisa jadi jauh lebih besar.

Negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut tidak memiliki alat tes virus SARS-CoV-2 memadai. Deteksi sejauh ini hanya didasarkan pada gejala seperti demam. Padahal, belum tentu yang bersangkutan demam karena Covid-19. Di sisi lain, mereka yang tertular tapi tak bergejala otomatis tidak terdeteksi.

Korut memiliki semua aspek untuk membuat situasi pandemi menjadi bencana. Angka vaksinasinya sangat rendah. Fasilitas kesehatan di negara tersebut juga terbatas. Di wilayah pedesaan, sulit menemukan klinik ataupun rumah sakit. Faskes mereka merupakan salah satu yang terburuk di dunia. Pyongyang juga dikabarkan tengah mengalami kesulitan pangan akibat sanksi politik serta kegagalan panen.

Penularan di Korut diyakini sudah terjadi sejak akhir April. Namun, pemerintahan Jong-un baru mengonfirmasi secara resmi adanya kasus Covid-19 pada 11 Mei lalu. Sejak itu, lockdown nasional diberlakukan. Kim Jong-un juga mendeklarasikan status insiden darurat parah.

Banyak pihak yang menawarkan bantuan berupa vaksin maupun obat-obatan. Di antaranya, Covax, Korsel, dan beberapa organisasi internasional lainnya. Namun, Jong-un belum memberikan jawaban apa pun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c6/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads