alexametrics

Kasus Covid-19 Mereda, Pembatasan di Shanghai Mulai Dibuka Bertahap

23 Mei 2022, 13:03:26 WIB

JawaPos.com – Penularan Covid-19 di Kota Shanghai, Tiongkok, mulai menurun. Mulai Minggu (22/5) pemerintah membuka kembali transportasi publik di kota yang berdiri sejak 1291 itu. Kota yang menjadi pusat perekonomian tersebut sudah lockdown selama dua bulan.

Penduduk yang masuk area risiko rendah sudah diperbolehkan keluar rumah dengan jarak tertentu. Beberapa pabrik juga mulai beroperasi lagi. Sebanyak 4 dari 20 jalur kereta api bawah tanah telah dioperasikan. Yang boleh naik diseleksi berdasar kepentingan mereka. Mayoritas yang naik mengenakan baju pelindung biru serta masker.

Penduduk yang naik transportasi umum harus menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 yang diambil maksimal 48 jam sebelumnya. Suhu tubuhnya juga harus normal.

’’Setelah 31 Mei, pemerintah Shanghai akan membedakan wilayah, yaitu sebagai area risiko rendah, menengah, dan tinggi,’’ ujar pejabat kesehatan Shanghai Zhao Dandan.

Distrik yang memiliki 10 kasus atau lebih masuk dalam kategori risiko tinggi. Sementara itu, lokasi yang tidak memiliki kasus penularan selama 14 hari berturut-turut akan masuk golongan risiko rendah. Area yang masuk risiko menengah dan tinggi akan lockdown selama dua pekan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c6/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads