alexametrics

Kisah PPI Tiongkok yang Sukses Raih Rekor MURI Postcard 1001 Senyum

23 Maret 2019, 23:26:21 WIB

JawaPos.com – Semangat para pelajar memang harus selalu berkobar. Hal inilah yang agaknya sudah melekat pada Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT). Mereka sering kali menghadirkan serta memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia seperti yang dilakukan baru-baru ini.

Melalui Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat, PPTI sukses menghelat kegiatan bertajuk postcard (kartu pos) 1001 senyum buat para pelajar Sekolah Dasar (SD) di beberapa pelosok tanah air. Kesuksesan kegiatan ini ditandai dengan tanggapan positif dari para pelajar SD yang mendapatkan kartu pos. Bahkan beberapa SD di antaranya ingin mengirim pesan balasan.

Hebatnya lagi, kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Rekor MURI dengan kategori ‘Pengiriman Kartu Post Terbanyak dari Alamat Luar Negeri ke Sekolah di Indonesia’. Piagam rekornya pun diterima langsung oleh Ketua Umum PPI Tiongkok Fadlan Muzakki di Kantor MURI, Jakarta, pada 4 Februari 2019. Fadlan lantas membawa kabar gembira itu ke Tiongkok untuk menjadi hadiah besar dari hasil kerja keras para pelajar dari tingkat pusat, cabang, hingga ranting.

PPI Tiongkok, PostCard 1001 Senyum, PPI Tiongkok rekor muri
Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok menerima Rekor MURI. (Istimewa/PPI Tiongkok)

Dalam keterangan tertulisnya, pihak PPTI menerangkan bahwa ‘PostCard 1001 Senyum’ merupakan kegiatan dengan membagikan kartu pos yang ditulis oleh berbagai kalangan pelajar bahkan tenaga kerja di Tiongkok dan Indonesia. Kartu pos itu dikirim ke 23 sekolah dan 1 lokasi pedalaman Indonesia dari Sumatera hingga Papua. Tujuannya tentu untuk memotivasi pentingnya pendidikan kepada pelajar SD, sehingga mereka selalu bersemangat dalam meraih cita-cita.

Selama kegiatan berlangsung, prosesnya ternyata tidak mudah. Butuh waktu panjang mulai dari mengumpulkan kartu pos dari berbagai wilayah di Tiongkok, kemudian dikompilasi, hingga surat dikirim ke Indonesia. Hasil kartu pos yang didapatkan pun melampaui target sebanyak 2018 kartu pos dari total 1001 lembar yang dicanangkan.

Sementara di tanah air, PPIT mendapat bantuan langsung dari para Pengajar Muda Indonesia. Salah satunya Valentin Danuwirya yang turut membantu menampung hingga mendistribusikan kartu pos dari awal kegiatan hingga pengambilan dokumentasi di lokasi tujuan. Sebanyak 19 Pengajar Muda Indonesia turut membantu di beberapa lokasi, seperti Pegunungan Bintang Papua, Natuna, Bima, Jambi, Lombok, dan Makassar.

PPI Tiongkok, PostCard 1001 Senyum, PPI Tiongkok rekor muri
Pelajar SD yang menerima PostCard 1001 Senyum dari PPI Tiongkok. (Istimewa/PPI Tiongkok)

‘PostCard 1001 Senyum’ juga melibatkan berbagai pihak hingga 19 cabang dan 7 ranting PPIT. Kemudian beberapa organisasi keagamaan seperti Organisasi di Xiamen OMK (Orang Muda Katolik Xiamen), KBMK (Keluarga Buddhis Manggala), Garuda Choir Club, dan Keluarga
OBM Guangzhou Istaqwa Guangzhou.

Beberapa tanggapan para pengajar muda yang menerima kartu pos sangat beragam. Ojan di Bima misalnya. “Kartu posnya lucu-lucu dan pasti anak-anak akan suka,” katanya. “Kartu posnya sudah sampai, terima kasih,” tutur Rahmat dan Julyestri, pengajar muda lainnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Kisah PPI Tiongkok yang Sukses Raih Rekor MURI Postcard 1001 Senyum