alexametrics

Blogger Vietnam yang Menghilang di Thailand Dipenjara di Hanoi

23 Maret 2019, 07:05:35 WIB

JawaPos.com – Seorang blogger Vietnam yang menghilang di Thailand pada awal tahun ternyata selama iniu ditahan di penjara Hanoi, Vietnam. Dilansir dari Channel News Asia pada Kamis (21/3), blogger bernama Truong Duy Nhat tersebut ditahan karena menulis masalah politik dan isu terkini untuk Radio Free Asia (RFA).

Tulisan terakhir yang di-posting mengenai prospek perubahan di Vietnam terkait dengan demonstrasi anti-pemerintah di Venezuela. Sebagai negara sosialis, semua media independen dilarang di Vietnam.

Blogger, aktivis, dan pengacara banyak yang dipenjara. Truong Duy Nhat, 55, melarikan diri ke Thailand pada Januari dan mengajukan status pengungsi. Teman Nhat, Pham Xuan Nguyen mengatakan, dia mengunjungi Penjara T-16 Hanoi pada hari Rabu dan mengonfirmasi kalau Nhat ditahan di sana.

blogger, vietnam, blogger vietnam, thailand,
Blogger, aktivis, dan pengacara banyak yang dipenjara. Truong Duy Nhat, 55, melarikan diri ke Thailand pada Januari dan mengajukan status pengungsi (Shutterstock)

“Saya membawa istri Nhat mengunjungi suaminya di penjara kemarin. Saya melihat buku yang diberikan penjara kepadanya untuk mendaftarkan kunjungan berikutnya,” katanya kepada AFP.

“Di dalam buku itu, tanggal penangkapannya ditulis 28 Januari 2019. Ia dipindahkan ke penjara pada hari yang sama,” kata Nguyen.

Istri Nhat, Cao Thi Xuan Phuong mengonfirmasi hal itu. Namun ia menolak berkomentar lebih lanjut. Putrinya Truong Thuc Doan, yang tinggal di Kanada mengatakan, dia yakin ayahnya dibawa paksa dari Thailand atas kehendak Pemerintah Vietnam.

“Sudah jelas bahwa ayah saya tidak pergi ke Vietnam secara sukarela,” katanya kepada RFA. Kepulangan Nhat belum dikonfirmasi oleh Hanoi dan dia belum didakwa secara resmi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Blogger Vietnam yang Menghilang di Thailand Dipenjara di Hanoi