alexametrics

Eksplorasi Sinkhole Raksasa Malah Temukan Gua Bawah Tanah

22 Desember 2018, 10:34:08 WIB

JawaPos.com – Ekspedisi untuk mengeksplorasi sinkhole di Hutan Guangxi, Tiongkok telah menghasilkan penemuan gua raksasa yang luar biasa di bawah tanah. Dilansir dari Science Alert beberapa waktu yang lalu, ekspedisi ini adalah usaha antara Tiongkok dan Inggris, yang dipimpin oleh Zhang Yuanhai dari Institut Karst Geologi dari Akademi Ilmu Geologi Tiongkok, dan ketua Asosiasi Caving Inggris Andy Eavis.

Dari 4 hingga 8 Oktober, tim beranggotakan 19 orang itu turun ke lubang itu hanya menggunakan satu tali. Begitu masuk, mereka mulai memetakan interior.

“Gua raksasa ini sebenarnya ditemukan oleh ekspedisi Hongkong tahun lalu, sehingga dinamai Hongkong Haiting Hall,” ujar Zhang menjelaskan kepada situs berita Tiongkok Science and Technology Daily.

sinkhole, sinkhole tiongkok, sinkhole surabaya,
Lubang Surgawi terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, yang telah diukir oleh sungai bawah tanah yang kuat (Wkimedia)

Mereka menemukan bahwa sinkhole tersebut memiliki lebar 100 meter (328 kaki) dan panjang hampir 200 meter (656 kaki), dengan kedalaman maksimum 118 meter (387 kaki). Menjelang ujung tenggara, lereng itu runtuh menjadi kompleks gua besar.

Sinkhole itu berisi koridor, aula, kawah, batu yang runtuh, pilar batu, dan sejenis formasi yang disebut mutiara gua, batu bulat kecil yang dipoles halus oleh air dan disimpan di celah gua, tempat mereka duduk tanpa gangguan.

“Pemindaian tiga dimensi yang kami lakukan menemukan bahwa ekspedisi Hongkong Haiting Hall telah menyimpan banyak bukti runtuhnya evolusi kawah, terutama jejak-jejak mekanika batuan yang dihasilkan setelah keruntuhan, yang terlihat jelas, menunjukkan karakteristik evolusi Tiankeng ini, “Kata Zhang.

Tiankeng biasanya merupakan hasil dari runtuhnya gua bawah tanah, yang perlahan-lahan telah terkikis oleh kekuatan geologis, seperti air.

Sebagai contoh, sinkhole Xiaozhai Tiankeng sepanjang 626 meter (2.054 kaki), atau Lubang Surgawi terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, yang telah diukir oleh sungai bawah tanah yang kuat. Kemungkinan Hongkong Haiting Hall dibentuk dengan cara yang sama.

“Gua-gua raksasa ini adalah gua alam, yang sebagian besar disebabkan oleh runtuh dan terkait dengan sungai bawah tanah,” kata Zhang.

Ia menambahkan, p embentukan semua gua bukanlah proses satu langkah. Pada dasarnya mereka memiliki sejarah lebih dari 2 juta tahun.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Eksplorasi Sinkhole Raksasa Malah Temukan Gua Bawah Tanah