alexametrics

Begini Cara Drone Pendeteksi Hiu Bekerja

22 Desember 2017, 07:23:00 WIB

JawaPos.com – Saat musim panas tiba warga Australia biasanya menghabiskan liburannya ke pantai untuk berenang maupun berselancar. Namun sayangnya di pantai Australia sering kali ada ancaman ikan hiu menyerang.

Guna mengatasi serangan hiu, pengusaha teknologi setempat mengembangkan alat yang dapat mendeteksi hiu yang sedang berenag di dekat pantai. Alat ini penting agar tidak ada hiu yang menyerang warga yang sedang berlibur ke pantai.

Drone untuk mendeteksi hiu dilengkapi dengan teknologi menangkap gambar hiu yang sedang berenang. Drone ini diluncurkan di 11.500 pantai di Australia, terutama pantai-pantai yang paling rentan serangan hiu.

Sejauh ini ada 19 orang Australia diserang hiu salah satu di antaranya tewas. Di Australia pengawasan hiu menjadi perdebatan dan kontroversi selama beberapa dekade.

Banyak pantai yang dilindungi dengan jaring ikan hiu dan patroli dengan helikopter. Namun jaring pengaman dari hiu malah melukai satwa liar lainnya seperi lumba-lumba.
Sebuah studi parlemen pekan lalu menyimpulkan bahwa jaring hiu harus dihapuskan.

Inilah yang membuat Nabin Sharma dari University of Technology Sydney School of  Software membuat drone ‘Westpac Little Ripper’ untuk mengindetifikasi hiu yang mendekat ke pantai. Drone ini bisa membedakan mana hiu, makhluk laut lainnya, ataupun peselancar. Semakin banyak digunakan, drone ini akan semakin cepat dan akurat dalam mendeteksi.

“Kita harus mengajarkan drone sehingga kita menyediakan banyak gambar. Semua gambar itu masuk ke dalam algoritma untuk dipelajari,” kata Sharma dilansir dari USA Today, Rabu, (20/12).

Drone terbang di atas pantai dan membuat video yang dianalisis secara real time. Ini membantu masyarakat waspada hiu.

Penelitian menunjukkan drone memiliki akurasi sekitar 90 persen untuk mengidentifikasi hiu. Sedangkan mata akurasinya hanya 20 sampai 30 persen.

Cara bekerjanya, drone mengidentifikasi hiu. Lalu memperingatkan penjaga pantai. Dilanjutkan mengevakuasi para wisatawan dari pantai untuk menghindari serangan hiu.

Seorang turis Kanada, Magno Vasquez, 24 tahun, yang sedang berjemur di Bondi Beach mengatakan, drone itu membuat ia merasa tenang. “Sebelum ada drone, kami diberitahu ada helikopter berjaga tapi saat di pantai terpencil atau berenang terlalu jauh, saya merasa takut. Drone itu solusi bagus.”

Menurut Sharma, drone tersebut memiliki kemampuan untuk menjatuhkan ban kepada perenang yang dalam bahaya. Bisa mengaktifkan megafon, mengirim SMS atau email ke penjaga pantai.

Editor : admin

Reporter : (iml/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Begini Cara Drone Pendeteksi Hiu Bekerja