JawaPos Radar

Uganda Punya Jembatan Terpanjang di Afrika

22/10/2018, 00:32 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
jembatan terpanjang, afrika,
Uganda membuka jembatan kelima terbesar di Afrika di Jinja di bagian timur negara tersebut jelang akhir pekan ini. Jembatan sepanjang 525 meter itu didanai oleh Badan Kerjasama Internasional Jepang (News Vision Wire)
Share this

JawaPos.com - Uganda membuka jembatan kelima terbesar di Afrika di Jinja di bagian timur negara tersebut jelang akhir pekan ini. Jembatan sepanjang 525 meter itu didanai oleh Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA). Presiden Uganda Yoweri Museveni mengklaim akan bertahan selama 120 tahun.

Jembatan itu diberi nama Sumber Jembatan Nil. Proyek jembatan itu menelan biaya 112 juta dolar AS. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos grup), Pemerintah Jepang membiayai 80 persen sebagai pinjaman sebesar 100 juta dolar AS dengan tingkat bunga tahunan 0,01 persen, dapat dibayar dalam 10 tahun tetapi dapat diperpanjang hingga 40 tahun.

Jembatan baru tersebut dibangun di seberang Sungai Nil dan diharapkan dapat mengurangi lalu lintas padat yang melewati Jembatan Nalubaale, yang dibangun 64 tahun lalu. Presiden Museveni mengatakan, 67 staf teknis adalah insinyur Uganda dan jembatan itu selesai dalam empat tahun.

Menteri Luar Negeri Jepang Masahisa Sato juga hadir pada pembukaan pada hari Rabu. Dia dan Presiden Museveni memotong pita untuk membuka Sumber Jembatan Nil

"Ini adalah musim proyek besar di Uganda. Kami akan segera menyingkap proyek-proyek baru seperti bendungan tenaga air," kata Presiden Museveni dengan antusias.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up