JawaPos Radar

Taksi Udara yang akan Diuji di Singapura Bisa Angkut 2 Orang

22/10/2018, 07:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
taksi udara, Volocopters, singapura,
Meskipun taksi udara terlihat seperti helikopter, Vocolopters itu bekerja berdasarkan pada teknologi pesawat tak berawak atau drone (DW)
Share this

JawaPos.com - Singapura siap melakukan uji coba taksi udara pada paruh kedua tahun 2019 mendatang. Perusahaan Jerman Volocopter akan melakukan uji coba penerbangan taksi udara tersebut. Hal itu diumumkan oleh perusahaan penerbangan tersebut di KTT Mobilitas Perkotaan di Paris pekan ini.

Uji coba taksi udara ini bertujuan untuk memverifikasi apakah Volocopters itu dapat beroperasi di lingkungan perkotaan Singapura. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup)  taksi udara akan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Selain itu taksi udara tersebut bisa menerbangkan dua orang untuk jarak kurang dari 30 kilometer.

Meskipun taksi udara terlihat seperti helikopter, Vocolopters itu bekerja berdasarkan pada teknologi pesawat tak berawak atau drone. Uji coba taksi udara didukung oleh Kementerian Transportasi Singapura (MOT), Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), dan Dewan Pengembangan Ekonomi (EDB).

taksi udara, Volocopters, singapura,
Uji coba taksi udara ini bertujuan untuk memverifikasi apakah Volocopters itu dapat beroperasi di lingkungan perkotaan Singapura (Telegraph)

Volocopters dapat diterbangkan dengan berbagai tingkat otonomi. Sepenuhnya otonom dengan pilot pada joystick, atau dikendalikan dari jauh. Uji coba akan menilai apakah ada rute taksi udara yang layak yang masuk akal di Singapura.

Uji coba juga mencari tahu bagaimana layanan tersebut dapat diimplementasikan menggunakan sistem manajemen lalu lintas udara. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kelembaban dan iklim tropis Singapura, serta di mana taksi udara dapat mendarat.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up