alexametrics

Soal Khashoggi, Saudi tak Selalu Patuhi Hukum Islam

22 Oktober 2018, 19:05:21 WIB

JawaPos.com – Meski perpolitikan di Arab Saudi dilandasi oleh prinsip-prinsip syariah Islam, namun pada praktiknya tidak selalu sejalan dengan hukum Islam. Hal ini diungkapkan Pengamat Timur Tengah Yon Machmudi.

Yon menjelaskan, praktik politik di Saudi tidak lepas dari benturan dengan hukum Islam, seperti pembunuhan atau tindakan lain demi melindungi kerajaaan Saudi. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), pernyataanya itu merupakan komentar mengenai kasus pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul beberapa waktu lalu.

Menurut Yon, negara yang tertutup cenderung sangat anti terhadap kritik dan akan sangat menjaga agar tidak ada kelompok atau pihak yang menggangu stabilitas politik negara.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Yon juga menilai Arab Saudi telah melampaui batas dalam kasus kematian Khashoggi (Picture-Alliance)

“Tindakan-tindakan semacam itu yang kemudian sering menimbulkan akibat yang pada akhirnya saya lihat sebagai suatu pelanggaran-pelanggaran terhadap aksi manusia dan juga hukum Islam itu sendiri,” kata Yon.

Yon juga menilai Arab Saudi telah melampaui batas dalam kasus kematian Khashoggi. Dia juga mendorong pengusutan segera kasus itu demi mengetahui siapa dalang dibalik kematian Khashoggi.

“Kalau saya melihat dalam hal ini sudah melampaui batas, hanya saja siapa yang bisa disalahkan ini? siapa yang harus bertanggung jawab terhadap peristiwa yang sudah melampaui batas ini,” pungkasnya

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Soal Khashoggi, Saudi tak Selalu Patuhi Hukum Islam