JawaPos Radar

Raja Salman dan MBS Panggil Putra Khashoggi Sampaikan Belasungkawa

22/10/2018, 11:50 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Raja Salman dan MBS telah memanggil putra Khashoggi, Salah untuk menyampaikan belasungkawa (Picture-Alliance)
Share this

JawaPos.com - Arab Saudi menyebut pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di konsulat merupakan kesalahan yang sangat besar. Namun, pihak Saudi tetap melindungi Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman (MBS). Saudi menyatakan, MBS tak mengetahui apapun soal pembunuhan tersebut.

“Ini adalah operasi yang merupakan operasi nakal. Ini adalah operasi saat seorang individu berbuat melebihi otoritas dan tanggung jawabnya,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir dilansir dari Reuters Senin, (22/10).

"Mereka membuat kesalahan ketika mereka membunuh Jamal Khashoggi di konsulat dan mereka berusaha menutupi itu," tambahnya.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Khashoggi hilang setelah memasuki konsulat untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang (Samarew)

Pada awal hilangnya Khashoggi, Saudi membuat penyangkalan terus-menerus dan membuat investigasi dengan bukti-bukti yang kurang kredibel. Insiden ini telah mempengaruhi kepercayaan dunia terhadap hubungan investasi dengan negara pengekspor minyak di dunia.

Contohnya saja, Menteri Keuangan AS Stephen Mnuchin mengatakan, pengakuan Saudi mengenai tewasnya Khashoggi dalam perkelahian adalah langkah pertama yang baik namun tidak cukup. Ia menambahkan, terlalu dini untuk membahas sanksi terhadap Riyadh.

Jerman, Inggris dan Prancis menekan Riyadh untuk memberikan fakta. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, Jerman tidak akan mengekspor senjata Saudi, sebab ketidakpastian atas nasib Khashoggi.

Raja Salman dan MBS telah memanggil putra Khashoggi, Salah untuk menyampaikan belasungkawa. Al Jubeir telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Khashoggi sebelumnya pada hari Minggu.

Al Jubeir mengatakan, Saudi tidak tahu bagaimana Khashoggi terbunuh dan tidak diketahui di mana tubuhnya berada. Dia juga mengatakan, MBS tidak bertanggung jawab atas kasus Khashoggi.

Khashoggi hilang setelah memasuki konsulat untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang. Setelah dua minggu menyangkal keterlibatan dalam hilangnya Khashoggi, Saudi mengatakan Khashoggi, seorang kritikus Putra Mahkota meninggal selama perkelahian di gedung konsulat itu.

"Tidak ada yang bisa membenarkan pembunuhan ini dan kami mengutuknya dengan cara sekuat mungkin," kata Jerman, Inggris dan Prancis dalam pernyataan bersama mereka.

(iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up