JawaPos Radar

Jenazah Khashoggi Disebut Dipotong Jadi 15 Bagian

22/10/2018, 14:42 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Turki mengatakan, tubuh Khashoggi dipotong menjadi 15 bagian (Biz Watch Nigeria)
Share this

JawaPos.com - Otoritas Turki yakin bahwa bagian tubuh jurnalis Jamal Khashoggi diangkut keluar dari Turki oleh salah satu pengawal Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman (MBS). 

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, Maher Abdulaziz Mutrib, seorang perwira intelijen yang terlibat dalam pembunuhan wartawan Saudi, diduga telah mengambil bagian tubuh itu dalam sebuah tas besar.

Mutrib, yang sering terlihat bepergian dengan pewaris tahta Saudi, meninggalkan Istanbul pada 2 Oktober, hari kematian Khashoggi, dengan jet pribadi yang berangkat pada 18:20 waktu setempat.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Erdogan melakukan panggilan telepon dengan Presiden AS Donald Trump pada Minggu, (21/10) (Reuters)

Tasnya tidak diperiksa ketika ia melewati ruang VIP di Bandara Ataturk dan tidak ada pesawat, dengan registrasi ekor HZ-SK1. Ini karena pesawat pergi sebelum alarm dinaikkan. Pesawat kedua dicari dari atas ke bawah dan tidak ada yang ditemukan.

"Mutrib, yang membawa paspor diplomatik, tampak terburu-buru," kata sumber tersebut dilansir dari Middle East Eye Senin (22/10).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji untuk mengungkapkan kebenaran atas pembunuhan Khashoggi. Dia mengatakan bahwa dia akan membuat pernyataan baru mengenai kasus itu pada hari Selasa (22/10) waktu setempat.

"Kami mencari keadilan di sini dan ini akan terungkap dalam semua kebenarannya, bukan melalui beberapa langkah biasa tetapi dalam semua kebenarannya terbuka," kata Erdogan di Istanbul.

Erdogan melakukan panggilan telepon dengan Presiden AS Donald Trump pada Minggu, (21/10). Kedua pemimpin sepakat kasus Khashoggi perlu diperjelas dalam semua aspeknya. 

Arab Saudi, pada Jumat pekan lalu akhirnya mengakui setelah 17 hari kalau para pejabatnya telah membunuh Khashoggi. Namun, pihaknya mengatakan tidak mengetahui keberadaan tubuh jurnalis Washington Post tersebut.

Pejabat anonim Saudi telah mengatakan kepada media bahwa mayat itu digulung di dalam karpet dan diserahkan kepada seseorang untuk dibuang. Namun, sumber Turki mengatakan, tubuh Khashoggi dipotong menjadi 15 bagian. "Mereka tidak menggulung apa pun," kata sumber Turki itu.

(iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up