alexametrics

Israel Yakin Saudi tak Terlibat Pembunuhan Khashoggi

22 Oktober 2018, 14:51:22 WIB

JawaPos.com – Pejabat Israel memecah keheningan karena berkomentar mengenai lenyapnya jurnalis Saudi Jamal Khashoggi. Pejabat Israel yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan, Tel Aviv yakin Saudi tak terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Dia membuat pernyataan itu di situs berita milik Saudi Elaph, yang sebelumnya mewawancarai beberapa tokoh tingkat tinggi Israel. “Israel tidak mempercayai laporan tentang Khashoggi yang keluar dari Turki dan lebih percaya pada apa yang dikatakan Arab Saudi,” kata sumber itu seperti dikutip dari media tersebut via Arab News, Selasa (22/10).

Para pejabat Turki mengatakan, Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober setelah ia berkunjung untuk mengurus dokumen pernikahan. “Laporan itu tidak didasarkan pada bukti atau fakta dan datang di tengah liputan pers sensasional dan permusuhan politik dari beberapa negara yang bersangkutan,” kata sumber itu.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Para pejabat Turki mengatakan, Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober (Picture-Alliance)

“Israel tertarik dengan masalah ini. Namun Israel belum mengambil posisi karena menunggu hasil penyelidikan gabungan Turki-Saudi dan penyelidikan internal Saudi,” tambahnya.

Komentar itu adalah yang pertama dari seorang pejabat Israel sejak Khashoggi lenyap dua minggu lalu. Padahal sebagian besar media Israel mengabaikan hal itu. Riyadh membantah bertanggung jawab atas hilangnya Khashoggi.

Arab Saudi dan Israel tidak memiliki hubungan resmi tetapi berbagai laporan baru-baru ini muncul dari kerja sama antara kedua negara. Apalagi mereka mempunyai musuh yang sama yaitu Iran.

Sebelumnya, sumber-sumber Turki mengungkapkan, seorang militer Saudi memutilasi tubuh wartawan Jamal Khashoggi dalam beberapa menit setelah ia memasuki Konsulat Saudi di Turki.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Israel Yakin Saudi tak Terlibat Pembunuhan Khashoggi