JawaPos Radar

Museum Bawah Laut Pertama AS Resmi Dibuka, Begini Bentuknya

22/07/2018, 12:04 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Museum Bawah Laut Pertama AS Resmi Dibuka, Begini Bentuknya
Patung koleksi UMA di dasar laut. Amerika Serikat (AS) membangun museum di dasar laut pertamanya di lepas pantai Grayton Beach State Park di Swouth Walton, Florida. (Spring Run Media)
Share this

JawaPos.com - Menjelajah di kedalaman laut menjadi salah satu aktivitas menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih bagi para petualang maupun pencinta alam. Guna memberi pengalaman berbeda, kini Amerika Serikat (AS) membangun museum di dasar laut.

Ya, Underwater Museum of Art (UMA) resmi dibuka sebagai museum bawah laut pertama di AS. Di sana para penyelam tidak hanya menikmati keindahan dasar laut, namun juga bisa melihat patung-patung dan hewan laut yang luar biasa. UMA terletak di lepas pantai Grayton Beach State Park di Swouth Walton, Florida.

Para penyelam akan diajak melihat tujuh patung terkenal seperti tengkorak raksasa karya seniman Vince Tatum. Kemudian patung gurita bikinan Allison Wickey yang merupakan dalang terciptanya museum bawah laut tersebut.

Museum Bawah Laut Pertama AS Resmi Dibuka, Begini Bentuknya
Proses peletakkan patung-patung koleksi UMA ke dasar laut. Amerika Serikat (AS) membangun museum di dasar laut pertamanya di lepas pantai Grayton Beach State Park di Swouth Walton, Florida. (Spring Run Media)

Wickey bersama Aliansi Seni Budaya Walton Country terinspirasi membuat proyek museum bawah laut setelah menyaksikan pembuatan terumbu karang. Dia lantas berkolaborasi dengan Aliansi Seni dalam Program Ruang Publik dan Asosiasi Karang Buatan Walton Selatan. "Saya baru saja mempresentasikan pemikiran saya. Itu ide yang keren namun tidak pernah bisa diwujudkan," ungkapnya seperti dilansir CNN.

Setelahnya, respons positif dan antusias rupanya datang dari berbagai pihak. Kini UMA bahkan telah bergabung dengan barisan museum bawah laut ternama seperti Musei Subacuatico de Arte yang terkenal di Cancun serta museum bawah laut pertama di Eropa, Museo Atlántico Lanzarote.

Asosiasi Karang Buatan Walton Selatan juga menyarankan agar UMA harus bisa menghadirkan patung sebagai pelengkap keindahan laut. Bukan malah merusak pemandangan bawah laut.

Ketua Dewan Asosiasi Tim McAlexander juga memastikan tidak ada patung yang terbuat dari plastik atau mengandung polutan dan racun. Menurutnya, semua yang ada di UMA harus terbuat dari bahan yang bersih dan ramah lingkungan.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up