JawaPos Radar

Jepang Dilanda Cuaca Ekstrem, Suhu 40 Derajat, 30 Orang Tewas

22/07/2018, 11:03 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jepang Dilanda Cuaca Ekstrem, Suhu 40 Derajat, 30 Orang Tewas
Suhu panas yang mencapai 40 derajat di Jepang memakan jiwa (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Jepang kembali dilanda cuaca ekstrem. Setelah beberapa pekan lalu Hiroshima sempat dilanda banjir dan longsor, kini negeri sakura itu memasuki musim panas dengan suhu yang sangat mengkhawatirkan.

Gelombang panas di Jepang ini telah menewaskan sedikitnya 30 orang. Selama dua minggu pada awal musim panas, suhu di Jepang mencapai 40,7 derajat. Kondisi itu dapat dikatakan sebagai puncak suhu terpanas selama lima tahun terakhir.

Warga Jepang telah diminta dengan tegas untuk mengambil segala tindakan yang dapat melindungi diri. Mereka diminta meminum air sebanyak-banyaknya untuk mencegah dehidrasi yang parah.

Badan meteorologi Jepang mendesak orang untuk minum air yang cukup untuk mencegah kelelahan panas. Di Kyoto suhu panas 38 derajat selama seminggu berturut-turut, suhu sepanas itu terjadi untuk pertama kalinya setelah abad ke-19.

Seorang bocah laki-laki meninggal dunia setelah mengikuti kelas di luar sekolah, di Prefektur Aichi pada Selasa lalu. Kementerian Pendidikan Jepang kemudian mengambil langkah dan memerintahkan sekolah-sekolah untuk mengambil langkah-langkah perlindungan terhadap para siswa.

Seperti dilansir BBC, ribuan warga Jepang bahkan memenuhi rumah sakit karena mengalami gejala-gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan suhu panas yang luar biasa selama dua minggu terakhir.

Suhu panas juga mempersulit upaya pemulihan pasca banjir di Jepang bagian barat, karena para relawan harus berjuang dengan panas. Tercatat lebih dari 200 orang tewas dalam banjir dan lumpur longsor yang dipicu oleh tingginya curah hujan awal bulan ini.

(BBC/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up