alexametrics

Trump Sebut Tak Akan Lockdown AS meski Muncul Gelombang Kedua Covid-19

22 Mei 2020, 21:12:14 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Kamis (21/5) mengatakan bahwa AS tidak akan menerapkan karantina wilayah (lockdown) lagi kalaupun nantinya terjadi gelombang kedua wabah korona (Covid-19).

“Orang-orang mengatakan itu kemungkinan yang sangat jelas. Itu standar. Dan kami akan memadamkan api (wabah Covid-19). Kami tidak akan menutup negara ini. Kami akan memadamkan apinya,” kata Trump kepada wartawan saat mengunjungi pabrik Ford di Negara Bagian Michigan, seperti dilansir Antara dari Xinhua. Komentar itu disampaikannya ketika ditanya apakah dirinya khawatir mengenai gelombang kedua Covid-19.

“Lockdown permanen bukan strategi untuk negara bagian yang sehat atau negara yang sehat. Negara kita tidak seharusnya ditutup,” ujar presiden yang juga pengusaha itu. “Lockdown tanpa akhir akan mengundang bencana kesehatan masyarakat. Demi melindungi kesehatan rakyat kita, kita harus memastikan ekonomi berjalan,” tambah dia.

Seluruh 50 negara bagian di AS telah mengumumkan rencana untuk mulai melonggarkan pembatasan yang bertujuan mengendalikan penyebaran Covid-19, membuka perekonomian mereka dengan kecepatan berbeda-beda. Para pakar kesehatan telah memperingatkan kemungkinan gelombang kedua Covid-19 akan terjadi pada musim gugur atau musim dingin.

Covid-19 menginfeksi lebih dari 1,5 juta warga Amerika dan menyebabkan lebih dari 90.000 kematian di seluruh negeri. Jumlah korban meninggal diperkirakan mencapai 100.000 pada awal Juni, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit negara tersebut. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara



Close Ads