JawaPos Radar

Terdengar Tembakan di Istana Saudi, Mungkinkah Kudeta?

22/04/2018, 18:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Terdengar Tembakan di Istana Saudi, Mungkinkah Kudeta?
Raja Salman dalam kondisi baik dan aman (Al Jazeera)
Share this

JawaPos.com - Pasukan keamanan Arab Saudi mengaku, pihaknya menembak sebuah drone mainan yang mendekati Istana Raja Salman di Riyadh pada Sabtu, (21/4), pukul 07.50 malam waktu setempat. Sebelumnya sebuah video menunjukkan adanya tembakan yang keras di lingkungan istana. Seperti dilansir Reuters, Minggu, (22/4), kepolisian Riyadh mengatakan, aparat di Distrik Khozama tempat Istana Saudi berada, telah mengidentifikasi pesawat tanpa awak tersebut.

Mereka pun langsung menembak jatuh drone yang masuk area istana tanpa izin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Raja Salman sendiri sedang tidak berada di istana ketika kejadian.

"Raja Saudi berada di kebunnya di Diriya," kata sumber kepolisian yang tak mau disebutkan namanya. Kondisi Raja Salman juga aman.

Terdengar Tembakan di Istana Saudi, Mungkinkah Kudeta?
Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) melakukan modernisasi di berbagai bidang (Reuters)

Penjelasan dari polisi ini muncul ketika santer terdengar di kalangan masyarakat bahwa tembakkan tersebut adalah sebuah upaya kudeta yang ditujukkan pada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS).

Video berdurasi 30 detik itu menunjukkan adanya ledakan keras di sekitar istana. Ada kekhwatiran akan ada kemungkinan kerusuhan politik di Saudi.

Ditanya tentang pendapat video tersebut, kepolisian mengatakan, mereka hanya menembak drone. Mereka juga akan membuat peraturan penggunaan drone di lingkungan istana.

Saudi melalui MBS telah membuat begitu banyak perubahan di negara konservatif tersebut. Ia merubah wajah Saudi menjadi lebih modern, mengubah sistem ekonomi, dan memperkenalkan Islam yang modern. Beberapa kritik juga dibungkam setelah adanya penangkapan ulama terkemuka dan aktivis dalam upaya membungkam perbedaan pendapat.

(ina/iml/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up