alexametrics

Putin Serang Ukraina, Eropa Hentikan Misi Jelajahi Mars Bareng Rusia

22 Maret 2022, 14:31:09 WIB

JawaPos.com – Serangan yang dilakukan Rusia ke Ukraina membawa efek domino bagi negeri Beruang Merah itu. Selain diboikot dan diputus hubungan dagang oleh banyak negara, urusan keantariksaan Rusia juga jadi berantakan karena invasi mereka ke Ukraina.

Baru-baru ini, Badan Antariksa Eropa (ESA) mengonfirmasi bahwa mereka telah menangguhkan misi bersama ke Mars dengan mitranya Roscosmos, Badan Antariksa Rusia.

ESA sebelumnya juga mengumumkan bahwa mereka sepenuhnya menerapkan sanksi yang dikenakan pada Rusia oleh negara-negara anggotanya setelah invasi negara itu ke Ukraina. Dan, bahwa peluncuran tahun 2022 untuk rover ExoMars tampaknya tidak mungkin berlanjut sampai waktu yang belum ditentukan.

Saat ini, misi tersebut secara resmi telah dibekukan, hal ini menyusul pertemuan dewan petinggi ESA yang bertemu di Paris untuk meninjau situasi tersebut.

“Sebagai organisasi antarpemerintah yang diberi mandat untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program luar angkasa dengan sepenuhnya menghormati nilai-nilai Eropa, kami sangat menyesalkan korban manusia dan konsekuensi tragis dari agresi terhadap Ukraina,” jelas ESA melalui pernyataan resminya.

Badan antariksa tersebut juga menyebut pihaknya akan sejalan dengan negara-negara Eropa terkait sikapnya terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina. “Sementara mengakui dampak eksplorasi ilmiah ruang angkasa, ESA sepenuhnya selaras dengan sanksi yang dijatuhkan pada Rusia oleh negara-negara anggota,” lanjut pernyataan tersebut.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: