alexametrics

Trump Umumkan Saatnya AS Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel

22 Maret 2019, 10:50:04 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan kebijakan lama AS mengenai Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Dia mengumumkan, saatnya bagi AS untuk sepenuhnya mengakui kedaulatan Israel atas wilayah yang diambil dari Syria pada tahun 1967.

Dalam sebuah cuitan, Trump mengatakan, Dataran Tinggi Golan adalah strategi penting dan keamanan penting bagi Israel dan stabilitas regional.

israel, donald trump, trump, dataran tinggi golan,
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan kebijakan lama AS mengenai Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel (Reuters)

“Setelah 52 tahun sudah waktunya bagi Amerika Serikat untuk sepenuhnya mengakui Kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang sangat penting bagi keamanan strategis dan keamanan Israel, juga stabilitas regional,” kata Trump dalam Twitter-nya.

Israel mencaplok Golan pada tahun 1981 dalam suatu langkah yang tidak diakui secara internasional. Syria berupaya mendapatkan kembali wilayah itu. Sejauh ini Syria belum memberikan komentar.

Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari sebelum Perdana Menteri Benjamin Netanyahu diatur untuk bertemu dengan Trump di Gedung Putih. Pernyataan Trump mengikuti permintaan Netanyahu agar AS mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel.

Dilansir dari CNN, Utusan khusus PBB untuk Syria, Geir Pedersen, baru-baru ini menegaskan kembali posisi itu.

“Posisi Dewan Keamanan PBB sangat jelas, bahwa Golan adalah wilayah Syria, dan aspek pertama pada Resolusi 2254 tentu saja adalah integritas teritorial Syria,” katanya dalam jumpa pers akhir Februari.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Trump Umumkan Saatnya AS Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel