alexametrics

Syria Kecam Trump yang Mau Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel

22 Maret 2019, 14:13:07 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Syria mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mau mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Syria mengatakan, mereka bertekat untuk mengembalikan daerahnya yang direbut Israel itu dengan segala cara.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita Syria, sumber Kementerian Luar N egeri Syria mengatakan, pernyataan Trump menunjukkan bias buta AS terhadap Israel. “Itu tidak akan mengubah kenyataan bahwa Dataran Tinggi Golan akan tetap menjadi bagian Syria,” kata sumber anonim tersebut.

Sumber itu menambahkan, pernyataan Trump adalah tidak bertanggung jawab dan menunjukkan penghinaan terhadap hukum internasional.

Trump mengatakan, sudah waktunya untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang direbut Israel dari Syria pada tahun 1967. Ini menandai perubahan dramatis dalam kebijakan AS dan memberikan dorongan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di tengah kampanye pemilihannya kembali.

Daerah yang disengketakan dicaplok oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967 dan dianeksasi pada tahun 1981 dalam suatu langkah yang tidak diakui secara internasional.

Netanyahu telah menekan AS untuk mengakui klaimnya dan mengangkat kemungkinan itu dalam pertemuan Gedung Putih pertamanya dengan Trump pada Februari 2017.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor :

Syria Kecam Trump yang Mau Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel