alexametrics

Pabrik Kimia Meledak, 47 Orang Tewas

22 Maret 2019, 15:35:28 WIB

JawaPos.com – Korban tewas dalam ledakan besar di sebuah pabrik kimia di Tiongkok menewaskan 47 orang dan 90 lainnya luka-luka. Ledakan dahsyat itu terjadi setelah kebakaran di pabrik yang memproduksi pupuk.

Korban tewas menjadikannya sebagai salah satu kecelakaan industri terburuk di negara itu dalam beberapa tahun terakhir. Ledakan itu terjadi pada sekitar 14:50 waktu setempat di sebuah pabrik di Yancheng yang dijalankan oleh Tianjiayi Chemical.

ledakan pabrik, pabrik kimia, meledak, kimia,
Gambar menunjukkan bola api meledak, awan mengepul membungkus daerah itu, orang terluka, dan bangunan mengalami kerusakan. Ledakan itu begitu kuat sehingga merobohkan gedung-gedung pabrik (Reuters)

Menurut Xinhua, total 640 orang dikirim ke rumah sakit. Banyak yang dalam kondisi kritis dan puluhan lainnya mengalami luka parah.

Gambar menunjukkan bola api meledak, awan mengepul membungkus daerah itu, orang terluka, dan bangunan mengalami kerusakan. Ledakan itu begitu kuat sehingga merobohkan gedung-gedung pabrik yang jaraknya agak jauh, para pekerja terjebak.

Staf di Pabrik Kimia Henglida mengatakan, atapnya runtuh ketika mereka melarikan diri. Sementara jendela dan pintu pecah. Pemerintah provinsi mengatakan, petugas pemadam kebakaran didatangkan dari seluruh provinsi.

Seperti dilansir BBC, Jumat (22/3), seorang perempuan Xiang mengatakan, ia khawatir tentang tingkat keamanan dan polusi di pabrik selama beberapa waktu. “Kami tahu suatu hari pasti ada yang meledak,” katanya kepada AFP.

Reuters mengutip pejabat setempat yang mengatakan, tidak ada kelainan yang terdeteksi di lokasi sebelum ledakan. Namun pemerinta akan melakukan inspeksi darurat terhadap produsen dan gudang bahan kimia lainnya.

Kecelakaan industri, mulai dari kebakaran pabrik hingga bencana pertambangan sering terjadi di Tiongkok. Seringkali karena standar keselamatan yang tidak ditegakkan dengan baik.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Pabrik Kimia Meledak, 47 Orang Tewas