alexametrics

Ikan Mola-mola Raksasa Tersapu di Pantai Australia Selatan

22 Maret 2019, 16:07:28 WIB

JawaPos.com – Foto-foto seekor ikan raksasa yang tampak aneh menjadi viral setelah tersapu di pantai Australia Selatan. Dilansir dari BBC pada Kamis (21/3), spesies sepanjang 1,8 meter tersebut pertama kali ditemukan oleh sekelompok nelayan yang sedang melaut.

Linette Grzelak dan pasangannya yang mem-posting foto-foto ikan mola-mola raksasa di Facebook mengatakan, mereka mengira itu sepotong kayu apung besar. “Saya tidak mengira itu nyata sampai saya mencari di Google, dan ternyata itu adalah ikan sunfish alias mola-mola,” katanya kepada BBC.

Pasangannya, Steven Jones telah bekerja sebagai nelayan selama bertahun-tahun sehingga dia tahu apa itu tetapi belum pernah melihatnya di kehidupan nyata. “Ikan tersebut sangat berat dan kulitnya kasar seperti badak,” ujarnya.

Ikan itu ditemukan di Taman Nasional Coorong, 80 km selatan Kota Adelaide. Diyakini ikan itu tersapu kembali ke laut.

Ocean sunfish atau ikan mola mola adalah spesies ikan bertulang terberat di dunia dan dapat ditemukan di perairan laut sedang secara global. Ini menurut database Fishes of Australia.

Ciri-ciri ikan mola-mola kepalanya besar, tumpul, mulut kecil yang tidak proporsional, dan sirip punggung panjang, bentuknya tipis seperti bakso gepeng.

Seorang pakar mengatakan, ikan yang ditemukan itu tampaknya merupakan contoh lebih kecil dari spesiesnya, yang dapat tumbuh lebih dari 4 meter dan berat lebih dari 2,5 ton.

“Ini mungkin ukuran rata-rata, mereka bisa mendapatkan hampir dua kali lebih besar dari itu,” kata Ralph Foster dari Museum Australia Selatan kepada Australian Broadcasting Corporation.

Spesies ini tidak berbahaya bagi manusia, tetapi kadang-kadang dikira sebagai hiu ketika mereka berenang di pantai. Di Australia, mereka diketahui menyebabkan kerusakan pada kapal karena ukurannya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Ikan Mola-mola Raksasa Tersapu di Pantai Australia Selatan