alexametrics

Ahli dan Profesor AS Berdebat, Beda Pendapat Soal Herd Immunity Covid

22 Februari 2021, 21:31:25 WIB

JawaPos.com – Para ahli dan profesor terkemuka di Amerika Serikat punya pendapat masing-masing soal kekebalan kawanan atau herd immunity. Seorang profesor terkemuka di AS yakin bahwa AS akan mencapai herd immunity pada April 2021, sebab vaksinasi ditargetkan bisa dicapai hingga 70 persen.

Kasus virus Korona harian AS diklaim telah menurun 65 persen pada bulan lalu. Sejak itu, kasus tersebut turun ke rata-rata mingguan sekitar 73 ribu per hari.

Dilansir dari Bussiness Insider, Senin (22/2), seorang profesor bedah di Johns Hopkins School of Medicine, dr. Martin Makary, menyatakan dalam The Wall Street Journal dia yakin AS hampir mencapai kekebalan kawanan. Makary memperkirakan bahwa Covid-19 sebagian besar akan hilang pada April. Dia yakin AS akan segera mencapai ambang batas di mana virus tidak akan dapat menular dengan mudah dari orang ke orang.

“Penurunan yang konsisten dan cepat dalam kasus harian sejak 8 Januari hanya dapat dijelaskan oleh kekebalan alami,” tulis Makary.

Akan tetapi, banyak dokter dan ahli kesehatan masyarakat lainnya terus memperingatkan bahwa kekebalan kelompok masih jauh di AS terutama karena varian baru yang lebih menular menyebar. “Kami belum akan mencapai kekebalan komunitas atau kekebalan populasi atau apa pun,” kata seorang ahli epidemiologi di Universitas Florida, dr. Cindy Prins, mengatakan kepada Insider. “Kami belum mendekati ke arah sana,” tegasnya.

Para peneliti umumnya memperkirakan nilai reproduksi virus Korona antara 2 dan 3 jika tidak ada vaksin atau tindakan kesehatan masyarakat. Itu berarti bahwa untuk mencapai kekebalan kelompok, sekitar 50-67 persen populasi perlu memiliki kekebalan terhadap virus baik melalui vaksinasi atau infeksi alami.

“Secara teori, jumlahnya sekitar 70 persen. Ada yang mengatakan 65 persen, ada yang mengatakan 75-80 persen. Tetapi umumnya sekitar angka-angka itu,” tegas Wakil direktur jenderal di Sheba Medical Center, rumah sakit terbesar Israel, dr. Eyal Zimlichman, mengatakan kepada Insider pada Januari.

Hanya saja, opini Makary menunjukkan bahwa data pengamatan menunjukkan AS hampir mendekati ambang kekebalan kelompok. Dengan asumsi pengujian PCR hanya menangkap 10-25 persen infeksi. Menurutnya sekitar 55 persen orang Amerika sudah memiliki kekebalan alami, berdasarkan jumlah tes yang dilaporkan.

“Dipengaruhi tambahan 15 persen orang Amerika yang telah divaksinasi sejauh ini, maka hasilnya semakin cepat (menuju herd immunity),” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads