JawaPos Radar | Iklan Jitu

Seorang Perempuan Tewas Usai Santap Makan Malam di Restoran Berbintang

22 Februari 2019, 15:53:34 WIB
restoran, makan malam, keracunan,
Seorang perempuan meninggal dunia dan 28 pengunjung lainnya jatuh sakit usai menyantap makan malam di sebuah restoran berbintang di Spanyol (Hungry Forever)
Share this

JawaPos.com - Seorang perempuan meninggal dunia dan 28 pengunjung lainnya jatuh sakit usai menyantap makan malam di sebuah restoran berbintang di Spanyol. Dilansir dari BBC pada Jumat (22/2), perempuan tersebut pergi ke Restoran RiFF di Valencia bersama suami dan putranya yang berusia 12 tahun. Keduanya juga mengalami diare dan muntah-muntah.

Restoran itu sekarang ditutup sementara. Pejabat kesehatan masyarakat menyelidiki penyebab kematian itu. Restoran RiFF, yang memiliki logo satu bintang Michelin digambarkan sebagai restoran yang memiliki masakan inovatif.

Restoran itu telah meminta maaf kepada para pelanggannya akibat insiden tersebut. Pejabat menyelidiki, sebanyak 75 orang yang makan di restoran antara 13 dan 16 Februari. Sebanyak 29 orang menderita keracunan makanan, termasuk tiga keluarga.

restoran, makan malam, keracunan,
Data tersebut termasuk seorang perempuan berusia 46 tahun yang makan bersama keluarganya pada Sabtu malam dan meninggal di rumah (Vernji HR)

Data tersebut termasuk seorang perempuan berusia 46 tahun yang makan bersama keluarganya pada Sabtu malam dan meninggal di rumah.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Regional Valencia mengatakan kepada BBC News bahwa petugas keamanan makanan memeriksa RiFF pada Senin tetapi tidak dapat menemukan penyebab yang jelas. Sampel beberapa hidangan yang disajikan sebagai bagian dari menu sekarang telah dikirim ke National Toxicology Institute untuk dianalisis.

Beberapa laporan menyatakan, salah satu penyebabnya keracunan itu kemungkinan adalah jamur morel. Namun para pejabat mengatakan kepada media setempat, mereka sedang menunggu hasil tes kembali sebelum menilai bahan tertentu yang jadi penyebab keracunan itu.

Pemilik dan Kepala Koki Restoran RiFF, Bernd Knöller mengatakan, ia bekerja dengan pejabat kesehatan untuk menunggu hasil pemeriksaan. "Terlepas dari alasan yang mungkin menyebabkan situasi ini, saya ingin menyampaikan penyesalan mendalam saya atas apa yang terjadi, berharap segera semua fakta ini dapat diklarifikasi," tambahnya.

"Saya telah membuat keputusan bahwa restoran tetap tutup sampai kami mengetahui penyebab dari apa yang terjadi terjadi," papar Knöller.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Dinda Lisna
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini