alexametrics

Para Peneliti Ungkap Alasan Mengapa Zebra Bergaris

22 Februari 2019, 10:00:38 WIB

JawaPos.com – Para ilmuwan telah menemukan jawaban mengapa zebra memiliki garis-garis di tubuhnya. Ternyata tujuannya adalah untuk menangkal lalat penghisap darah, yang terpesona oleh warna mereka dan lalat tersebut menjadi kesulitan mendarat.

Para peneliti mencobanya dengan mengenakan mantel garis-garis pada seekor kuda untuk melihat berapa banyak serangga mendarat di tubuhnya. Lalu, mereka membandingkan dengan kuda tak bermantel. Hasilnya, lalat-lalat itu kurang tertarik mendarat di kuda yang bermantel.

zebra, lalat, hewan, peneliti,
Di antara teori-teori lain tentang mengapa zebra bergaris-garis adalah bahwa garis-garis menyediakan kamuflase untuk menghindari predator besar atau bahwa mereka memiliki fungsi sosial (Pixabay)

Ahli biologi dan rekan dari penulis studi dari University of Bristol, Martin How mengatakan, garis-garis itu mungkin menyilaukan lalat begitu mereka cukup dekat, seperti bagaimana pilot dapat terpesona oleh matahari.

Di antara teori-teori lain tentang mengapa zebra bergaris-garis adalah bahwa garis-garis menyediakan kamuflase untuk menghindari predator besar atau bahwa mereka memiliki fungsi sosial seperti pengakuan individu.

Tulisan itu juga berspekulasi bahwa garis-garis itu membantu kehangatan tubuh dengan mengatur arus konveksi di sepanjang punggung hewan. Namun yang paling layak adalah teori bahwa mereka menggagalkan serangan serangga.

“Sebagian besar ahli biologi yang terlibat dalam penelitian tentang warna mamalia menerima bahwa ini adalah alasan bahwa zebra memiliki garis-garis,” kata Peneliti, Caro dilansir dari Sky news.

Zebra sangat rentan terhadap berbagai penyakit fatal, termasuk trypanosomiasis, penyakit kuda Afrika, dan equine influenza, yang disebarkan oleh kuda dan lalat tsetse.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Para Peneliti Ungkap Alasan Mengapa Zebra Bergaris