alexametrics

Duterte Perpanjang Masa Cuti Hamil Jadi 3 Bulan di Filipina

22 Februari 2019, 07:05:32 WIB

JawaPos.com – Presiden Rodrigo Duterte telah menandatangani undang-undang yang memperpanjang cuti kerja bagi ibu hamil jadi 3 bulan lamanya. Sebelumnya perempuan di Filipina hanya diberi cuti hamil selama 2 bulan.

Dilansir dari Rappler pada Kamis (21/2), mantan ajudan Presiden Duterte, Bong Go mengumumkan hal ini dalam sebuah pesan kepada wartawan pada hari Kamis, 21 Februari. Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea mengonfirmasi hal ini.

Medialdea mengatakan, undang-undang tersebut ditandatangani oleh Duterte pada hari Rabu, 20 Februari. Salinan hukum, yang disebut Expanded Maternity Leave Act hingga saat ini memang belum dipublikasikan.

cuti hamil, ibu, bekerja, filipina,
Presiden Rodrigo Duterte telah menandatangani undang-undang yang memperpanjang cuti kerja bagi ibu hamil jadi 3 bulan lamanya. Sebelumnya perempuan di Filipina hanya diberi cuti hamil selama 2 bulan (Newsweek)

Langkah baru ini mengharuskan ibu hamil diberi 3 bulan cuti namun tetap dibayar. Ini berlaku baik di kantor pemerintah dan perusahaan swasta. Sedangkan untuk ayah diberi 14 hari cuti namun tetap dibayar.

Senator Risa Hontiveros, Ketua komite Senat tentang Perempuan berjuang keras mendorong untuk pengesahan undang-undang itu. Ia memuji penandatanganan undang-undang tersebut.

“Ini adalah kemenangan besar bagi wanita dan keluarga mereka. Penandatanganan undang-undang tentang cuti bersalin yang diperpanjang adalah momen yang tidak hanya diingat oleh ibu, keluarga, dan anak-anak, tetapi generasi Filipina yang menang karena mendapatkan manfaat selama sisa hidup mereka,” kata Hontiveros.

Hontiveros menyatakan, undang-undang menempatkan Filipina setara dengan standar internasional dan mendukung bukti dan praktik terbaik yang tersedia yang konsisten dengan peningkatan kebijakan cuti hamil.

“Sekarang, ibu akan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat saat hamil. Anak-anak akan diberi makan yang lebih baik. Para ayah dan pengasuh dapat berkumpul dengan orang-orang yang mereka cintai karena keluarga menerima hadiah terbesar sepanjang masa,” ujarnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Copy Editor :

Duterte Perpanjang Masa Cuti Hamil Jadi 3 Bulan di Filipina