JawaPos Radar

Tega, 100 Ribu Muslim Rohingya akan Dikirim ke Pulau Berlumpur

22/02/2018, 20:54 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Tega, 100 Ribu Muslim Rohingya akan Dikirim ke Pulau Berlumpur
Etnis rohingya (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Bangladesh segera mengubah pulau tidak berpenghuni dan berlumpur, Bay of Bengal menjadi rumah bagi 100.000 pengungsi Muslim Rohingya. Tindakan ini diputuskan di tengah perdebatan apakah para pengungsi akhirnya akan terdampar di sana.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengatakan, menempatkan Muslim Rohingya disana akan menjadi keputusan sementara untuk mengurangi penumpukan di kamp-kamp di Cox's Bazar.

Kamp-kamp tersebut melindungi hampir 700.000 orang yang telah menyeberang dari utara negara bagian Rakhine di Myanmar sejak akhir Agustus tahun lalu.

Tega, 100 Ribu Muslim Rohingya akan Dikirim ke Pulau Berlumpur
Pengungsi Rohingya (Reuters)

Penasihat Perdana Menteri Bangladesh, H.T Imam mengatakan, begitu pengungsi sampai di sana, mereka hanya bisa meninggalkan pulau jika mereka kembali ke Myanmar atau mendapatkan suaka dari negara ketiga.

"Ini bukan kamp konsentrasi, tapi mungkin ada beberapa batasan. Kami tidak memberi mereka paspor atau kartu identitas Bangladesh," kata Imam, Kamis, (22/2).

Ia menambahkan, pulau tersebut akan dijaga 40-50 polisi bersenjata.

Insinyur dari Inggris dan Tiongkok membantu mempersiapkan pulau tersebut agar siap untuk menerima pengungsi sebelum terjadinya hujan monsun pada bulan April. Hujan ini bisa menimbulkan banjir yang dahsyat ke kamp-kamp.

Imam mengatakan, memindahkan pengungsi Rohingya ke pulau itu belum mencapai final. Tapi ini sudah diputuskan dan berbasis sukarela.

Komisaris Tinggi PBB untuk permasalahan pengungsi mengatakan, "Kami akan menekankan, rencana relokasi yang melibatkan pengungsi harus didasarkan dan dilaksanakan melalui keputusan sukarela dan informatif," katanya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up