alexametrics

Kesal Dituduh Menang Pilpres Dibantu Rusia, Trump Salahkan Obama

22 Februari 2018, 05:30:07 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sangat kesal akibat isu kemenangan dirinya yang melibatkan bantuan Rusia. Trump mempertanyakannya dalam sebuah Twitter mengapa Obama tidak bertindak untuk mencegah Rusia mencampuri pemilu AS.

“Obama adalah Presiden AS selama pemilu. Jadi mengapa dia tidak melakukan sesuatu tentang campur tangan Rusia?”, tulis Trump di akun Twitter-nya.

Ini merupakan cara yang pernah digunakan Trump sebelumnya guna mengalihkan perhatian dari tuduhan berkolusi dengan Rusia menjelang pilpres AS kala itu. Trump dengan tegas membantah adanya kerjasama antara timnya dan Rusia.

Kesal Dituduh Menang Pilpres Dibantu Rusia, Trump Salahkan Obama
Mantan Presiden AS Barack Obama (Reuters)

Namun pertahanan Trump melemah ketika Pengacara Khusus FBI Robert Mueller menjatuhkan dakwaan terhadap beberapa orang Rusia yang dituduh mendalangi campur tangan dalam pipres AS.

Sebenarnya, Trump tidak sendirian dalam menuduh Obama yang gagal mencegah Rusia ikut campur tangan dalam pilpres AS.

Pemimpin Partai Demokrat di House Intelligence Committee Rep Adam Schiff mengatakan, Obama seharusnya berbuat lebih banyak ketika mengetahui campur tangan Rusia dalam pilpres.

Obama mengaku telah berusaha mencegah campur tangan Rusia. Termasuk dalam sebuah konfrontasi antara Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT G6 2016 di Tiongkok.

Setelah Trump dilantik, ajudan Obama mengatakan, berbicara lebih vokal mengenai campur tangan Rusia akan tampak terlalu politis bagi presiden inkumben, terutama karena Trump mengklaim bahwa pemilihan tersebut dicurangi, dan menolak untuk mengatakan apakah dia akan menerima hasilnya jika dia kalah.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Kesal Dituduh Menang Pilpres Dibantu Rusia, Trump Salahkan Obama