JawaPos Radar

Begini Cara MSF Membuat Kaki dan Tangan Palsu

22/02/2018, 19:41 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Begini Cara MSF Membuat Kaki dan Tangan Palsu
MSF (MSF)
Share this

JawaPos.com - Badan amal internasional, dokter tanpa batas atau Médecins Sans Frontières (MSF) membuat laboratorium percetakan 3D di Yordania untuk membantu orang memiliki kaki atau tangan palsu. MSF mencetak anggota badan yang hilang dari tubuh manusia. Entah itu dari lahir maupun karena perang yang terjadi.

Salah satunya adalah tentara Irak, Abdullah yang kehilangan tanan kirinya ketika perang melawan ISIS. Sekarang ia memiliki tangan palsu berkat percetakan 3D.

"Tidak mudah mengganti tangan, tapi setidaknya ini membantu. Saya tidak bergantung lagi pada saudara laki-laki saya," kata Abdullah seperti dilansir AFP, Rabu, (21/2).

MSF badan amal yang didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan. Mereka mendirikan pusat produksi prostetik di Irbid, Yordania pada Juni lalu.

Untuk membuat kaki dan tangan palsu, dokter akan memfoto bagian tubuh yang hilang. Lalu, data tersebut dimasukkan ke dalam sistem yang digunakan perancang untuk membuat desain anggota badan. Kemudian desain itu dicetak dan dikirim ke rumah sakit Al-Mowasah MSF di Amman untuk pemasangan ke tubuh manusia yang membutuhkan.

Beberapa organisasi telah mengembangkan percetakan 3D dalam beberapa tahun terakhir. Namun MSF mengatakan, proyeknya adalah yang pertama di Timur Tengah.

Klinik ini bertujuan untuk memberikan perawatan ortopedi kepada sebanyak mungkin orang yang terkena dampak konflik dan perang di Timur Tengah.

Koordinator proyek MSF tersebut, Pierre Moreau mengatakan, pihaknya merawat 15 orang Syria, Irak, Yaman, Palestina, dan Yordania sejak peluncuran.

"Kami memilih Yordania karena kami memiliki salah satu rumah sakit terbesar dan paling maju. Ini juga tempat yang stabil di tengah wilayah perang sehingga kami memiliki akses ke pasien dari Syria, Irak dan Yaman," kata Moreau.

(AFP/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up