JawaPos Radar

Mengintip Indahnya 'Hutan Bunuh Diri' di Jepang

22/01/2018, 06:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Mengintip Indahnya 'Hutan Bunuh Diri' di Jepang
Hutan Aokigahara (Aokigahara.com)
Share this

JawaPos.com - Jepang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Pada 2016 ada 21.897 orang yang bunuh diri. Ini adalah angka terkecil selama lebih dari dua dekade, padahal angka tersebut juga tergolong tinggi dibandingkan negara lain.

Ada satu tempat di Jepang yang terkenal sebagai tempat favorit orang-orang Jepang untuk bunuh diri yakni Hutan Aokigahara atau biasa disebut 'Hutan bunuh diri'. Tempat itu menjadi tempat tujuan populer bagi orang-orang yang ingin mengakhiri hidupnya.

Saking populernya, hutan ini pernah difilmkan pada tahun 2016 berjudul The Forest. Dibintangi oleh Nataie Dormer, film ini menceritakan tentang seorang wanita muda yang mencari adiknya yang diduga melakukan bunuh diri di Aokigahara.

Mengintip Indahnya 'Hutan Bunuh Diri' di Jepang
Barang Pelaku Bunuh Diri (Aokigahara.com)

Di dalam hutan banyak ditemukan mayat tergantung atau overdosis bersama dengan barang kenangan mereka. Beberapa bahkan sempat berkemah di sana dan berdebat dengan diri sendiri sebelum akhirnya memutuskan mengakhiri hidup.

Orang-orang di Jepang percaya bahwa Aokigahara dihantui oleh Yurei, sebuatan untuk orang-orang yang meninggal dalam perasaan benci, marah, atau sedih. Mereka percaya bahwa arwah orang-orang yang bunuh diri masuk ke dalam pohon dan itu yang membuat orang-orang terjebak dan ikut merasakan depresi di dalam hutan dan akhirnya mengakhiri hidupnya.

Pemerintah Jepang tidak dapat memastikan berapa jumlah orang yang melakukan bunuh diri di Aokigahara. Namun, dilansir dari Japan Times, catatan polisi dari tahun 2010 menunjukkan bahwa 247 orang mencoba bunuh diri di hutan.

Beberapa tahun terakhir Pemerintah Jepang telah mengambil beberapa tindakan untuk mencegah kasus bunuh diri di Aokigahara. Bahkan, sebelum memasuki hutan sudah terpasang peringatan untuk tidak bunuh diri, dengan pesan, "Pikirkan baik-baik tentang anak-anak Anda, keluarga Anda." Selain itu juga ada peringatan, "Hidupmu adalah hadiah berharga dari orang tuamu."

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, faktor risiko bunuh diri mencakup riwayat depresi, kurangnya perawatan kesehatan mental, baik karena stigma, epidemi bunuh diri lokal, dan putus asa.

Dibalik cerita tentang bunuh diri, Hutan Aokigahara adalah hutan indah yang di dalamnya terdapat pohon-pohon yang menjulang tinggi. Pohon-pohon itu berusia ratusan tahun. Hutan ini sering juga dijuluki dengan 'lautan pohon'.

Hutan yang indah ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berwisata. Meskipun begitu, saat berkunjung ke sana, sebaiknya tetap mengikuti jalur yang sudah ditentukan pengelola. Rimbunnya pohon terkadang membuat wisatawan mudah tersesat.

Aokigahara terbentuk dari sisa letusan besar Gunung Fuji. Hutan yang tumbuh subur di atas lahan seluas 30 kilometer persegi ini juga terdapat beberapa gua yang penuh dengan es.

(BBC/ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up