alexametrics

Bela Muslim Uighur, Massa Bakar Foto Presiden Xi Jinping

21 Desember 2018, 17:43:56 WIB

JawaPos.com – Aksi Bela Muslim Uighur di depan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta diakhiri dengan aksi bakar bendera Tiongkok dan foto Presiden Tiongkok Xi Jinping. Aksi pembakaran ini sebagai bentuk kekecewaan massa terhadap Tiongkok yang melakukan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur.

Aksi ini dilakukan oleh sejumlah organisasi masyatakat (ormas). Tujuannya untuk mengecam Pemerintah Tiongkok atas perlakuan intimidasi terhadap Uighur.

“Bakar benderanya, tapi tertib ya, bakar!” kata salah satu orator di depan Kedubes Tiongkok pada Jumat (21/12).

muslim uighur, uighur, tiongkok, aksi bela muslim uighur,
Aksi pembakaran ini sebagai bentuk kekecewaan massa terhadap Tiongkok yang melakukan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur (Verryana Imel Novita/JawaPos.com)

Sebelumnya, sejumlah orator telah menjelaskan tuntutan kepada Kedubes Tiongkok agar menyampaikan kepada pemerintahnya di Tiongkok. Salah satunya adalah memberikan kemerdekaan kepada Muslim Uighur.

“Kami menyerukan kepada umat Islam sedunia khususnya umat Islam Indonesia untuk melakukan aksi solidaritas dengan menyalurkan bantuan dan pertolongan bagi saudara Muslim Uighur,” kata salah satu orator saat membacakan tuntutan.

Aksi ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Front Pembela Islam KH Sobri Lubis, aktris senior Neno Warisman, novelis Pipit Senja, KH Ustad Bachtiar Nasir, dan Jonru Ginting.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ce1/iml/JPC)



Close Ads
Bela Muslim Uighur, Massa Bakar Foto Presiden Xi Jinping