alexametrics

Kunjungi Thailand, Paus Fransiskus Bawa Pesan Dialog Antaragama

21 November 2019, 16:19:15 WIB

JawaPos.com – Paus Fransiskus menginjakkan kaki di Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand, Rabu (19/11) siang. Paus berada di Thailand selama tiga hari dan melanjutkan kunjungannya ke Jepang. Dalam lawatan kali ini, Paus membawa pesan tentang dialog antaragama dan pelucutan senjata nuklir. Karena itu, Kamis (21/11), Paus bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Majelis Agama Buddha Somdej Phra Maha Muneewong.

Paus Fransiskus didampingi Suster Ana Rosa (AP Photo/Gregorio Borgia)

Pemuka agama 82 tahun itu juga bakal bertemu dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Sorenya, Paus melangsungkan misa suci di stadion nasional. Puluhan ribu umat Katolik bakal hadir. Termasuk di antaranya etnis Kristen Karen dari wilayah utara Thailand serta pengungsi Katolik Vietnam yang tinggal di Bangkok.

Paus Fransiskus menaiki mobil dan disambut warga saat tiba di depan Nunsiatus Apostolik (Kedutaan Besar) Vatikan di Bangkok (AP Photo/Manish Swarup)

Keesokan harinya, Jumat (22/11), Paus Fransiskus bertemu dengan para pastor dan uskup di Thailand. Selanjutnya, Paus menghadiri misa untuk remaja di katedral. Pada Sabtu (23/11), Paus kelahiran Buenos Aires, Argentina, itu bakal bertolak ke Jepang. Paus akan mengunjungi Hiroshima dan Nagasaki, dua kota korban bom atom dalam Perang Dunia II.

FAKTA-FAKTA KUNJUNGAN BAPA SUCI
Kedatangan Paus Fransiskus ke Thailand bukan sekadar kunjungan pastoral (kegembalaan). Sejumlah percik sejarah menyertai kunjungan tersebut. Ini di antaranya:
– Kunjungan ke Thailand (dan Jepang) adalah lawatan ke-32 Paus Fransiskus ke berbagai negara sekaligus yang ketiga (dan keempat) ke Asia. Sebelumnya, Paus pernah mengunjungi Myanmar dan Sri Lanka.
– Paus pertama yang mengunjungi Thailand adalah Paus Yohanes Paulus II pada 1984 atau 35 tahun silam.
– Gereja Katolik Thailand berdiri saat pendirian Vikariat Apostolik (semacam kedutaan Vatikan) Siam pada 1669 (350 tahun silam). Hingga kini, jumlah umat Katolik di Thailand sekitar 400 ribu orang atau 0,5 persen dari seluruh populasi. Yang tertinggi adalah Buddha dengan lebih dari 90 persen.
– Paus Fransiskus akan bereuni dengan Suster Ana Rosa, sepupunya. Biarawati itu sudah bertugas di Thailand sejak 1966. Selama kunjungan, Suster Ana Rosa mendampingi Paus sekaligus menjadi penerjemah.
– Popemobile (mobil kepausan) yang akan dipakai menyapa warga di sepanjang jalan adalah pikap Nissan yang dirakit di Thailand. Mobil itu tidak antipeluru karena Paus ”rela berkorban agar dekat dengan umat”. Mobil kepausan dibuat antipeluru setelah percobaan pembunuhan Paus Yohanes Paulus II pada 1981.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c15/dos)



Close Ads