JawaPos Radar | Iklan Jitu

Huruf Kapital Bikin Stres

21 November 2018, 16:57:41 WIB | Editor: Ilham Safutra
Huruf Kapital Bikin Stres
Ilustrasi: Departemen Jurnalistik Leeds Trinity University larang dosennya membuat memo menggunakan huruf kapital. (pixabay)
Share this

JawaPos.com- Pesan yang ditulis dengan huruf kapital (alias huruf BESAR) seluruhnya sering dianggap ngegas. Alias berapi-api. Bisa membikin pembacanya ngamuk atau malah ketakutan. Hal itulah yang menjadi dasar peraturan baru Departemen Jurnalistik Leeds Trinity University, Inggris. Seluruh dosen dilarang menggunakan huruf kapital saat membuat memo tugas atau arahan buat mahasiswa.

Si pembuat kebijakan menilai, menulis pesan dengan huruf kapital seluruhnya bisa membikin mahasiswa takut. "Tulisan dalam huruf kapital membuat tugas terlihat lebih sulit. Mahasiswa pun lebih khawatir akan kegagalan ketika mengerjakan tugas," papar si pembuat kebijakan dalam memo buat para dosen.

Mereka menyarankan, arahan dan tugas ditulis dengan nada bersahabat dan kalimat yang menyenangkan. Kalimat negatif dianggap memberatkan mahasiswa. Peraturan itu menuai kritik karena dianggap memanjakan generasi snowflake alias generasi keping salju yang sangat sensitif. Iyalah, seharusnya mahasiswa kan takut pada pertanyaan "kapan wisuda?". 

(fam/c19/oni)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up