alexametrics

Evo Morales: Saya Akan jadi Presiden Bolivia Lagi!

21 Oktober 2019, 18:03:08 WIB

JawaPos.com – Evo Morales yakin kembali menjadi Presiden Bolivia untuk keempat kalinya meski bakal dihadapkan pada pemilu putaran kedua Desember mendatang. Hal itu setelah hasil pada pemilu putaran pertama berhasil unggul atas pesaingnya, mantan Presiden Carlos Mesa. Namun, keunggulan hanya berselisih kurang dari 10 persen. Pemilu putaran pertama digelar pada Minggu (20/10).

Hingga Minggu (20/10) malam waktu Bolivia, dari 83 persen suara yang telah dihitung, Morales berada di depan dengan 45 persen, diikuti oleh Mesa dengan 38 persen suara. Jika hasil itu bertahan, akan ada putaran kedua pada 15 Desember mendatang.

“Kami akan ke putaran kedua,” ungkap Mesa kepada pendukungnya yang bersorak di La Paz.

Sementara itu, Morales, 59, yang memiliki jumlah suara tertinggi tidak yakin akan ada putaran kedua. Dia mengatakannya kepada para pendukungnya dari balkon Istana Presiden pada Minggu (20/10) malam. “Saya ingin mengatakan kemenangan lagi. Rakyat Bolivia telah berkomitmen untuk proses perubahan dan kami akan siap untuk itu,” sebut Morales seperti dilansir Al Jazeera.

Sebagian besar suara yang didapat di daerah pedesaan yang secara historis memang disukai Morales. Morales sendiri sudah menjadi Presiden Bolivia sejak 2006 silam.

Seperti diketahui, untuk menghindari putaran kedua dan menang langsung pada putaran pertama, mantan petani tersebut perlu mendapatkan 50 persen suara plus satu. Morales yakin bisa meraihnya dan tak perlua digelar putaran kedua.

Pemilu di Bolivia sendiri disebut berjalan lancar dan aman. Dua ratus tiga puluh lima pengamat internasional memantau dan dalam laporan sementara tidak ada penyimpangan. Pencalonan Morales sendiri cukup kontroversial karena untuk masa jabatan keempat sebagai Presiden. Itu bertentangan dengan batas dua periode Presiden yang ditetapkan oleh konstitusi Bolivia pada 2009 dan referendum 2016.

Editor : Edy Pramana


Close Ads