alexametrics

Sekjen PBB Terganggu dengan Pernyataan Saudi Soal Khashoggi

21 Oktober 2018, 23:57:23 WIB

JawaPos.com – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengaku sangat terganggu dengan pernyataan dari pihak Arab Saudi terkait kematian wartawan senior Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul. Pernyataan Saudi dianggap kurang tranparan.

Menurut seorang juru bicara PBB seperti dimuat Reuters, Guterres menyerukan penyelidikan cepat, menyeluruh dan transparan terhadap kasus pembunuhan Khashoggi. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Guterres juga mendesak akuntabilitas penuh bagi mereka yang terlibat dalam kasus ini.

Sebelumnya, pernyataan dari jaksa penuntut umum Saudi menyebut bahwa Khashoggi meninggal dunia setelah terlibat perkelahian dengan beberapa orang yang bertemu dengannya di konsulat Saudi di Istanbul awal Oktober ini. Perkelahiannya itu menyebabkan kematiannya.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Guterres menyerukan penyelidikan cepat, menyeluruh dan transparan terhadap kasus pembunuhan Khashoggi (UN Mission)

Pernyataan yang sama juga menyebut bahwa penasehat istana Saudiyakni Saud Al Qahtani dan Wakil Kepala Intelijen Arab Saudi Ahmed Asiri telah dipecat dari posisi mereka akibat kasus ini.

Bukan hanya itu, saat ini ada 18 warga Saudi yang ditahan sebagai bagian dari penyelidikan kasus tersebut. Bahkan ada tersangka pembunuh Khashoggi yang tewas akibat kecelakaan.

Hingga saat ini, Turki tetap bersikukuh kalau Khashoggi dibunuh di Konsulat Arab Saudi. Ia tewas bukan karena berkelahi tapi karena dibunuh dan dimutilasi. Namun jenazahnya belum ditemukan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sekjen PBB Terganggu dengan Pernyataan Saudi Soal Khashoggi