JawaPos Radar

Dalam Keterbatasan, Mahasiswa Pamerkan Kecantikan Budaya Indonesia di Tiongkok

21/10/2016, 08:31 WIB | Editor: Thomas Kukuh
Dalam Keterbatasan, Mahasiswa Pamerkan Kecantikan Budaya Indonesia di Tiongkok
Mahasiswa Indonesia membawakan Tari Gambyong di Jiangxi Normal University, Jiangxi, Tiongkok, (PPI for JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Belasan mahasiswa Indonesia di Jiangxi Normal University, Jiangxi, sukses menjadi duta budaya di Tiongkok, Jumat (14/10). Dalam acara “Multi Cultural Show 2016” yang di selenggarakan di Music Hall Jiangxi Normal University ini, mereka menampilkan Tari Gambyong dan Tari Saman. Tentu saja, untuk diperkenalkan kepada para mahasiswa lokal maupun internasional yang menjadi penonton hari itu.

Yang menjadi cerita menarik tersendiri dari penampilan para duta budaya tersebut adalah di balik layar. Dengan segala keterbatasan teknis dan dana, serta di sela kesibukan aktivitas perkuliahan, mereka tetap berusaha memberikan yang terbaik. 

Selain dituntut kreatif menciptakan kostum dari bahan seadanya yang tersedia, para penari juga harus berlatih keras untuk mempersembahkan tarian yang menawan, karena mayoritas penari belum mempunyai skill dan pengalaman membawakan Tari Gambyong dan Saman sebelumnya.

Kerja keras mereka sejak beberapa minggu sebelumnya pun terbayar lunas. Terkesimanya penonton saat menyaksikan keanggunan tari Gambyong dan meriahnya suasana ketika tari Saman menghentak panggung, menjadi salah satu tanda kesuksesan penampilan mahasiswa Indonesia. 

Pujian dan apresiasi positif dari berbagai pihak terus berdatangan, menambahkan lagi kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswa Indonesia di Jiangxi Normal University.

“Sebagai mahasiswa Indonesia yang studi di luar negeri, kami mempunyai misi khusus dalam acara ini. Bukan hanya sekadar meramaikan tanpa makna, tapi keikutsertaan dalam acara ini adalah upaya kami untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat lokal maupun mahasiswa internasional lainnya,” kata mahasiswa S1 Sastra Mandarin dan Wakil Sekretaris PPIT Nanchang Bina Izzatu Dini.

“Sehingga segala keterbatasan dan tantangan tidak menyurutkan semangat kami untuk mempersembahkan yang terbaik”, imbuhnya. 

Kepala Departemen Kantor Urusan Internasional, Li Haijun sangat mengapresiasi keterlibatan para peserta pada hari itu. Menyambut respon positif penonton, Li Haijun berencana untuk mengadakan acara serupa pada semester selanjutnya.

Seusai penutupan acara, para mahasiswa Indonesia pun pulang dengan senyum puas, serta semakin bersemangat untuk menyiapkan event besar tahunan PPI Tiongkok cabang Nanchang yang akan digelar bulan depan: Indonesian Festival 2016. (bid)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up