Soal Covid-19, Tiongkok Mulai Lunak, Berencana Buka Wisata Perbatasan

21 September 2022, 14:32:48 WIB

JawaPos.com – Tiongkok, tampaknya, mulai berubah pikiran. Mereka menggagas pelonggaran wilayah perbatasan agar turis asing bisa masuk. Kebijakan yang masih berupa rancangan itu diungkapkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok, Senin (19/9).

Di dalam draf tersebut dijelaskan, turis asing hanya bisa berkunjung ke tempat wisata di perbatasan. Tiongkok berbatasan dengan 14 negara. Termasuk Rusia, Mongolia, Vietnam, Laos, dan Myanmar. Mereka harus ikut dalam kelompok wisata yang diselenggarakan agen perjalanan. Para wisatawan nanti bisa memilih lokasi pintu tempat mereka akan masuk dan keluar dari Tiongkok.

Tidak ada penjelasan secara terperinci tentang pengesahan rancangan kebijakan baru tersebut. Termasuk lokasi mana saja yang bisa dikunjungi. Tidak diterangkan pula ada atau tidaknya syarat karantina untuk warga asing.

Bagi wisatawan Amerika Serikat (AS) yang ingin mengunjungi Negeri Tirai Bambu, larangannya tetap tidak berubah. Akhir bulan lalu pemerintah AS menangguhkan 26 penerbangan internasional yang dioperasikan maskapai Tiongkok. Langkah tersebut merupakan balasan terhadap pemerintah Tiongkok yang menangguhkan penerbangan operator Amerika akibat aturan terkait dengan Covid-19.

Pemerintah Tiongkok menutup perbatasannya untuk turis asing sejak pandemi Covid-19 pada 2020. Selama ini yang boleh masuk hanya pemegang visa pekerja dan beberapa visa tertentu. Negeri Panda merupakan satu-satunya negara yang masih menerapkan kebijakan nol kasus. Beberapa distrik dan wilayah di Tiongkok bahkan saat ini masih di-lockdown. Namun, menahan penularan varian Omicron tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, Omicron sangat menular dan mudah beradaptasi.

Langkah Tiongkok ini sangat berbanding terbalik dengan negara-negara lain di dunia. Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bahkan menyatakan bahwa akhir pandemi Covid-19 sudah berada di depan mata. Presiden AS Joe Biden juga mengklaim bahwa Covid-19 di negaranya sudah berakhir.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c14/bay)

Saksikan video menarik berikut ini: